Bawaslu Jatim: Kalau Ada Pelanggaran Pemilu 2019 Laporkan!

429 views

Apel Akbar dan Senam Bersama PTPS se Kabupaten Bangkalan, di Alun-alun Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu (14/4/2019). (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Ketua Bawaslu Jawa Timur Moh Amin menyebut Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sebagai garda terdepan penjaga proses demokrasi. Sebab, penentuan surat suara Pemilu 2019 sah atau tidak berdasarkan persetujuan PTPS.

Hal itu, disampaikan usai menghadiri Apel Akbar dan Senam Bersama PTPS se Kabupaten Bangkalan, di Alun-alun Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu (14/4/2019).

“Sebelum menentukan surat suara itu sah atau tidak, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan menawarkan kepada PTPS,” terangnya.

Amin menjelaskan, tugas formal PTSP melakukan pengawasan mulai hari tenang, pemungutan surat suara, penghitungan surat suara, rekapitulasi surat suara, hingga pengembalian kotak suara ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari masing-masing desa.

“Kami juga menekankan agar mengawasi kemungkinan adanya kampanye di masa tenang. Termasuk, fokus pada pengawasan money politic,” ucapnya.

Selain melaksanakan tugas formal kata Amin, PTPS juga diharapkan mampu menangkal berita-berita hoaks yang dapat mengganggu masa tenang, dan bisa mengajak masyarakat untuk berpartipasi menyalurkan hak pilihnya di masing-masing TPS pada Rabu, 17 April 2019.

“Jika PTPS maupun masyarakat menemukan dugaan pelanggaran, segera dilaporkan. Kami pasti memproses sesuai peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Ketua Bawaslu Bangkalan, Ahmad Mustain Saleh menambahkan, jumlah PTPS yang tersebar di 18 kecamatan mencapai 3.825 orang. Mereka sudah siap secara jasmani dan rohani, terutama menghadapi tekanan ketika menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“Setiap TPS, akan dijaga satu orang PTPS,” paparnya.

Mustain memaparkan, dalam menjalankan tugas PTSP nantinya akan dibantu Panitia Pengawas Desa (PPD), Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Staf Panwascam, Bawaslu, dan Staf Bawaslu. Total keseluruhan, terdapat 4.200 pengawas yang bertugas di hari pemungutan surat suara.

“Mari kita sama-sama mengawasi, demi terwujudnya Pemilu 2019 yang bermartabat dan berintegritas,” tutur Ketua Bawaslu Bangkalan, Ahmad Mustain Saleh. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad