Baznas Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Siswa Tak Mampu di Bangkalan

Siswa tak mampu di Bangkalan mendapat bantuan pendidikan dari Basnaz. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangkalan menyalurkan bantuan bagi siswa tidak mampu atau miskin yang tengah menempuh proses pendidikan. Bantuan sosial itu, diberikan untuk siswa tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK.

“Siswa yang mendapatkan santunan ini berjumlah 142 orang yang berasal dari 51 lembaga pendidikan,” ucap Ketua Baznas Kabupaten Bangkalan, KH Nuruddin A Rahman, Rabu (10/10/2018).

Menurutnya, siswa tingkat SD/MI yang menerima bantuan sebanyak 60 orang, siswa SMP/MTs berjumlah 51 orang, dan 31 siswa SMA/MA/SMK. Sedangkan, nominal santunan disesuaikan dengan tingkat pendidikan masing-masing siswa.

“Siswa SD Rp 300 ribu, SMP Rp 400 ribu, dan SMA Rp 500 ribu. Kami berharap bantuan ini bermanfaat dan mampu meringankan beban para siswa yang tidak mampu,” imbuh Pengasuh Ponpes Al-Hikam Burneh tersebut.

Sementara itu, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengapresiasi program santunan pendidikan dari Baznas itu. Bantuan ini, dapat meningkatkan semangat belajar para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi.

“Saya sudah membuat surat edaran ke setiap organisasi perangkat daerah (OPD) agar aktif berinfak di Baznas,” ucapnya.

Ra Latif sapaan akrabnya mengungkapkan, setiap tahun Baznas memperoleh infak sebesar Rp 200 juta. Harapannya, capaian ini bisa ditingkatkan melalui kontribusi aktif para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bangkalan.

“Jika setiap tahun pendapatan Baznas meningkat, secara otomatis semakin banyak siswa tak mampu yang mendapat bantuan pendidikan,” tandasnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad