Senin, 24 Juni 2013 - 07:40:21 WIB
Bookmark and Share
BBM Naik, Harga Sembako Melonjak Tajam

Harga Sembako di Pasar KLD Naik Signifikan   | Oleh Nizamuddin.

 

pedagang sembako di pasar KLD bangkalan-Foto : Nizamuddin/MC.com

pedagang sembako di pasar KLD bangkalan-Foto : Nizamuddin/MC.com

Maduracorner.com-Bangkalan- Sejak Pemerintah mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok (sembako) di Kabupaten Bangkalan, mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan.

Pedagang sembako di pasar tradisional Ki Lemah Duwur (KLD) Bangkalan  siti Rachmawati. (50) mengatakan, harga kebutuhan pokok paska kenaikan harga BBM, sangat drastis,  Menurutnya, Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok ini cukup variatif. Karena, tidak semua kebutuhan mengalami lonjakan harga dan hanya terjadi pada bahan-bahan tertentu.

Dari pantauan MC.com di Pasar KLD Bangkalan, harga Lombok kecil naik dari Rp 20 ribu/kg naik menjadi Rp 40 ribu/kg. Selain cabe kenaikan harga juga terjadi pada Bawang merah yang awalnya Rp 20 ribu/kg naik menjadi Rp 22 ribu/kg. Harga wortel naik dari harga Rp 8 ribu/kg naik menjadi Rp 10 ribu/kg  dan telur dari Rp 19 ribu/kg naik menjadi Rp 30 ribu/kg.

Naiknya harga kebutuhan pokok kata wanita asal Sampang ini, sangat berpengaruh terhadap omzet penjualan. Karena, daya beli masyarakat cenderung menurun. Biasanya masyarakat membeli kebutuhan sebanyak 1 kilo kadang hanya setengah kilo bahkan ada yang membeli seperempat saja.
“Yang jelas mencari nafkah tambah sulit mas, kerana akibat dari kenaikan BBM ini pelanggan sangat berkurang, dan lagian sekarang orang masih mikir untuk membeli banyak karena semua haganya naik” tuturnya.

salah seorang ibu rumah tangga Deasy Amelia Ulfa (24) mengaku, kenaikan harga kebutuhan pokok sangat memberatkan para ibu rumah tangga. Deasy berharap pemerintah bisa menanggulangi  kenaikkan harga kebutuhan pokok ini agar beban biaya hidup tidak semakin sulit. “Sebelum BBM naik saja harga-harga kebutuhan pokok sudah mahal, apalagi sekarang BBM naik, ya tambah mahal mas,” tuturnya (nzm/min).

Facebook Comments

Kirim komentar anda

(wajib diisi)

(wajib diisi)