BBM Naik Lagi, Nelayan Kwanyar Enggan Melaut

972 views
Nelayan

Nelayan


Bangkalan,maduracorner.com, – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar langsung dirasakan para nelayan. Hal ini terlihat di kampung nelayan di Desa Kwanyar Barat, Bangkalan. Mereka pun enggan untuk melaut karena tingginya ongkos melaut.

 
Para nelayan pun lebih memilih melakukan perbaikan kapal atau jaring ditempat penambatan perahu mereka. “Semenjak harga BBM naik lagi, nelayan disini enggan  untuk melaut. Ya otomatis penghasilan kami terus berkurang,”ujar salah seorang nelayan setempat, Bahri saat dijumpai maduracorner.com, rabu (31/3/2015) pagi.

Menurut Bahri, hal ini ditambah lagi kondisi cuaca perairan di laut mereka yang kurang bersahabat. Karena biasanya hasil tangkapan nelayan lumayan banyak pada hari-hari normal. Namun saat ini mereka tidak bisa berbuat banyak.
 

“Hari ini saya cuma dapat udang besar sekitar 1,5 kg. Kalau dijual mungkin nanti dihargai Rp 150 ribu dipotong premium Rp 70 ribu dan bayar utang Rp 30 ribu. Maka sisanya Rp 40 ribu untuk keluarga. Mau bagaimana lagi, mas?,”kata Bahri pasrah. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Shaarawy

Email Autoresponder indonesia