Beda Penonton Dan Suporter 

3250 views

Berbicara tentang Supporter pasti kita akan lebih menghubungkan dengan olahraga kecintaan, meskipun penggunaan supporter pada dasarnya sangat luas, di berbagai bidang bisa di dunia seni, musik, pendidikan atau lainnya. Sebelum kita mengulas lebih dalam mengenai suporter ada baiknya kita mengetahui pengertian dari kata supporter itu sendiri.

Sebagai  contoh yaitu suporter bola, yang berarti dukungan kepada sebuah tim kesebelasan bola untuk meraih tujuannya seperti menjadi juara atau memenangi suatu pertandingan.
Suporter berbeda dengan penonton dimana penonton bila diartikan hanya sebagai orang yang menonton baik di suatu stadion atau di televisi. Penonton kadang bersifat netral tidak memihak siapapun, mereka hanya sebagai penikmat, kalaupun memihak, mungkin dengan alasan tertentu karena pertemanan, persaudaraan , kebangsaan atau mungkin karena memasang taruhan di perjudian untuk salah satu tim tersebut.

Dengan kata lain penonton itu hanya melihat dari luar dengan logikanya. Mereka tidak menjiwai seperti seorang suporter yang menggunakan hati dan rasa, bila kalah apa yang dirasakan sama seperti pemain – pemain yang terlibat langsung di lapangan, ada perasaan sedih , sensitif dan malu, dengan pihak suporter lawan, apalagi ditambah dengan tindakan provokatif dengan ejekan. Bisa jadi kita sebagai suporter akan emosi kadang bisa menimbulkan pertikaian dan perkelahian seperti yang sering terjadi misalnya seperti supporter sepak bola di Indonesia.

Pengertian Suporter
Menurut Hinca (2007), pengertian suporter atau fans club adalah sebuah organisasi yang terdiri dari sejumlah orang yang bertujuan untuk mendukung sebuah klub sepak bola. Suporter harus berafiliasi dengan klub sepak bola yang didukungnya, sehingga perbuatan suporter akan berpengaruh terhadap klub yang didukungnya.
Pengertian suporter menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah orang-orang yang memberikan dukungan, sokongan dalam berbagai bentuk disuatu situasi. Suporter biasanya memiliki cara-cara dalam mendukung tim kesukaannya, seperti bernyanyi-nyanyi menyatakan dukungannya.
Suryanto (1996) mengatakan Suporter adalah orang-orang yang memberikan dukungan atau support kepada satu tim yang di bela. 
Suporter dalam suatu pertandingan memiliki peran yang cukup penting. Suporter seakan membuat pemain menunjukkan permainan yang terbaik. Maka dari itu, tidak jarang tim yang didukung supoter meraih kemenangan. Jadi suporter memiliki peran penting dalam cabang olahraga.
By Jiddan