Belalang Goreng Khas Mor Koneng Dipercaya Meningkatkan Vitalitas

 
 

Kepala Desa Mor Koneng Ainul Yaqin Memperlihatkan Menu   Belalang Goreng Yang Jadi Kegemaran Warga Desa Setempat

Kepala Desa Mor Koneng Ainul Yaqin Memperlihatkan Menu Belalang Goreng Yang Jadi Kegemaran Warga Desa Setempat

Bangkalan, maduracorner.com – Kebiasaan warga Desa Mor Koneng, Kecamatan Kwanyar Bangkalan mengkonsumsi belalang goreng bukan tanpa alasan. Rupanya, tradisi turun temurun ini dipercaya mampu meningkatkan vitalitas pria. 
 
Warga setempat mengakui, keyakinan tersebut bukan hanya mitos belaka. Namun sudah dibuktikan oleh mayoritas masyarakat desa Mor Koneng sendiri. Selain itu, belalang goreng ini juga dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 
 
Praktis, kabar mengkonsumsi belalang sangat bermanfaat bagi vitalitas dan daya tahan tubuh, membuat warga di sejumlah desa lain penasaran. Tidak sedikit warga dari luar desa datang hanya untuk membeli belalang goreng tersebut. Bahkan dari kecamatan tetangga seperti halnya Tanah Merah dan Tragah.
 
“Semakin sering mengkonsumsi belalang goreng membuat kondisi tubuh lebih segar. Terutama berkhasiat bagi kejantanan laki-laki,”terang Kepala Desa Sumur Kuning Kwanyar, Ainul Yakin kepada maduracorner.com dengan senyum lebar, minggu (5/3/2016).
 
Ainul Yakin mengaku telah membuktikan sendiri khasiat tersebut. Menurutnya, jika tidak ada bukti nyata bisa meningkatkan vitalitas sudah pasti belalang goreng tidak akan laku keras di pasaran. Buktinya, sejumlah pedagang harus memburu belalang sampai ke wilayah Sreseh, Kecamatan Sampang.
 
“Belalang di sini sudah jarang, jadi harus cari ke luar daerah. Rasanya gurih, lezat dan nikmat. Kalau sudah tau rasanya pasti ketagihan. Apalagi, dampaknya itu yang luar biasa,”ujarnya bernada promosi.
 
Sementara itu, salah satu penjual belalang goreng dan juga penangkap binatang ini, Ismail (28) menuturkan, dalam waktu lima jam bisa menangkap 8 ribu belalang. Ia memulai mencari belalang sejak pukul 19.30 dan berakhir pukul 23.00 Wib. “Kalau siang gak mungkin dapat. Pasti malam kalau cari belalang,”ucap Ismail.
 
Selain dijual, hasil tangkapan belalang ini juga dikonsumsi sendiri oleh Ismail dan keluarganya. Banyaknya permintaan konsumen seringkali membuatnya kewalahan. “Saya menyediakan belalang yang suda digoreng, ada juga yang masih hidup. Biasanya kalau TKI pesan dalam kemasan yang sudah siap dimakan,”jelasnya. (her/mad)
 
Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Mamad el Shaarawy
 
Email Autoresponder indonesia