Belasan Ribu Data Kependudukan di Pamekasan Lenyap

1228 views


Pamekasan, Maduracorner.com – Sedikitnya 16 ribu data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur lenyap.

Hilangnya belasan ribu data kependudukan tersebut lantaran server induk yang berisi ribuan data masyarakat rusak. Sehingga data Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran menjadi korbannya.

“Data yang hilang adalah data kartu keluarga dan akta kelahiran, itu sekitar 16 ribu, jadi yang memperoses dari bulan Juni sampai sekarang hilang,” ungkap Kadisdukcapil Pamekasan, Herman Kusnadi.

Dijelaskan Herman, untuk mengembalikan data penduduk yang hilang tersebut harus dientry kembali oleh petugas dengan berdasar pada dokumen yang saat ini dipegang oleh masyarakat. 

“Kehilangan data itu tidak pengaruh terhadap e-KTP, hanya saja kita yang kalang kabut kalau ada permintaan data dan lain sebagainya,” imbuh Herman.

Sementara hingga saat ini pelayanan dokumen kependudukan sudah bisa dilakukan di Disdukcapil setelah dilakukan perbaikan server induk di Surabaya meski data masyarakatjadi korbannya.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali。        Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia