Belum Ada Kampanye Terbuka

727 views

 

Dinilai Tidak Efektif | oleh : teguh

Maduracorner.com, Sumenep –  Jadwal kampanye terbuka yang disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak 16 Maret di Kabupaten Sumenep nampaknya sia-sia. Karena hingga saat ini, tidak satupun peserta pileg yang memanfaatkan kesempatan tersebut.

Sebagaimana dikemukakan komisoner KPU Sumenep Hidayat Andiyanto, Rabu (26/3) siang tadi.  Dia membenarkan bahwa sejauh ini belum satupun parpol yang melaporkan dan melaksanakan kampanye terbuka di Sumenep.

“ Belum ada” kata Didik, sapaan akrabnya saat ditanya kampanye terbuka di Sumenep.

Mekanismenya, sambung Didik, setiap parpol yang akan melakukan kampanye terbuka harus dilaksanakan ditempat yang telah ditentukan oleh KPU, dan tujuh hari sebelum kampanye dilaksanakan harus ada pemberitahuan kepada pihak kepolisian.

“Jadi tujuh hari sebelumnya harus ada laporan ke kepolisian, dan jadwal kampanye berakhir Sampai tanggal 5 April mendatang,” katanya.

Menurutnya, parpol selama ini ternyata lebih memilih metode kampanye dalam bentuk lain seperti pertemuan kecil dan sebagainya.,“ kalau kampanye dalam bentuk lain banyak” tuturnya.

Namun saat ditanya apa yang menjadi penyebab sehingga parpol tidau melakukan kampanye terbuka di tempat yang sudah disediakan, Didik mengatakan pihaknya tidak tahu, ia mengatakan yang tahu alasan tersebut adalah parpol.(tgh/krs)

Email Autoresponder indonesia