Belum Setahun Diperbaiki, Jalan Blega-Modung Kembali Rusak

637 views
jalan blega-modung rusak. foto : aryan/mc.com

jalan blega-modung rusak. foto : aryan/mc.com

Jalan Pasar Blega Rusak | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Belum genap setahun diperbaiki, ruas jalan penghubung dari pasar Kecamatan Blega menuju kecamatan Modung kembali rusak. Pantauan MC.com Rabu (27/3), dari beberapa titik yang kerusakan, temuan yang paling parah terdapat di ruas jalan timur pasar Blega sepanjang 50 meter lebih. Besar kemungkinan, kerusakan tersebut disebabkan oleh kendaraan yang memiliki tonase tidak sesuai dengan kelas jalan.

Artinya, jalan yang semestinya hanya boleh dilalui kendaraan dengan tonase maksimal 8 ton. Justru dilalui juga oleh kendaraan pengangkut alat-alat berat yang tentunya melebihi tonase maksimal kelas jalan. “Saya harap jalan ditimur pasar Blega ini secepatnya diperbaiki mas. Termasuk juga beberapa titik jalan rusak di kawasan Desa Paeng,” ujar salah seorang supir MPU, Madrai.

Dia juga membenarkan banyaknya alat berat yang juga melintasi jalan tersebut. Namun itu tidak sepenuhnya salah si sopir kendaraan berat, karena memang tidak ada rambu larangan bagi truk tonase tinggi untuk melintas di jalan tersebut.

“Jalan Blega – Modung yang di hotmixed ini tidak akan pernah berumur panjang alias akan rusak lagi jika kelas jalannya tidak ditingkatkan. Sebab tidak hanya MPU dan truck pengangkut sapi yang menggunakan akses jalan kabupaten itu. Melainkan juga kendaraan besar dengan tonase tinggi. Makanya, sekalian memperbaiki, sebaiknya ditingkatkan juga  status jalannya, agar tidak terus-terusan rusak,” usul Madrai.

Menanggapi ini, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Bangkalan, RM.Taufan Zairinsyah mengatakan bahwa dalam waktu, jalan yang rusak itu akan segera diperbaiki. Termasuk juga kerusakan jalan di sejumlah kecamatan yang lain. “Paling lambat Juni 2013 sudah mulai digarap,” pungkas Taufan.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia