Bencana Kekeringan Kian Mencekik, Warga Dua Desa di Arosbaya Tak Dapat Bantuan Air Bersih

image

Warga cari air

Bangkalan, maduracorner.com – Warga desa Batonaong dan Pandanlanjang benar-benar kesulitan air bersih saat musim kemarau tahun ini. Mereka bahkan mengaku belum mendapat bantuan dropping air bersih sama sekali dari pihak Pemkab Bangkalan. Kedua desa tersebut terletak di kecamatan Arosbaya.

Di desa Batonaong, setidaknya terdapat 3 dusun yang krisis air bersih. Yakni Dusun Tambek, Dusun Tlongser dan Dusun Gerbong. Sementara di desa Pandanlanjang, ada 2 dusun yang mengalami kekeringan terparah. Yaitu dusun Bubuan dan dusun Socen.

Warga pun mengeluhkan pihak Pemkab Bangkalan yang belum mengirimkan mereka bantuan air bersih hingga saat ini. Baik dari BPBD maupun Dinas Sosial Nakertrans Kabupaten Bangkalan.

“Di dusun kami hingga saat ini belum juga menerima droping bantuan air bersih, pak,”keluh salah seorang warga bernama Kiptiyah kepada maduracorner,com. Perempuan 2 anak ini terlihat sedang mengambil air di Desa Berbeluk bersama suaminya, Romli.

Menurut penuturannya, dia bersama ratusan warga lainnya terpaksa mencari air hingga ke desa lain dengan memakai gerobak dorong yang berisi 4 jerigen kosong sejak 3 bulan lalu. Hal ini karena di desanya sudah tidak sumber mata air lagi. Sementara sumur warga pun sudah mengering.

Maka menurut warga, mencari ke desa tetangga meski harus menempuh jarak cukup jauh tetap mereka lakukan demi pemenuhan kebutuhan air bersih sehari-hari. “Kami hanya berharap bantuan air bersih segera datang ke dusun kami dari Pemkab Bangkalan,”cetus Romli dengan wajah bersungut-sungut.

Sementara itu, Kasie Kesmas Kecamatan Arosbaya, Mustain mengatakan, dari 18 desa di Kecamatan Arosbaya terdapat 4 desa yang cukup mengalami kekeringan terparah. Empat desa tersebut diantaranya Desa Pandanlajang, Batanaong, Glaga dan Karang Duwek.

Sedangkan 2 desa lainnya yakni Desa Berbeluk dan Desa Cendagah yang juga mengalami kekeringan sudah teratasi. Warga 2 desa tersebut bisa memperoleh air melalui tempat penampungan air bersih dari PDAM. Termasuk 2 sumber mata air dan sumur uji di 2 lokasi lainnya.

“5 dusun di dua desa (Batonaong dan Pandanlanjang) tersebut memang benar mengalami kekeringan. Dan hingga kini belum mendapat dropping bantuan air bersih dari BPBD maupun Dinsos Nakertrans Bangkalan,”papar Mustain. (yan/mad). 

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia