Bencana Musim Kemarau, Warga Desa Tambin Mengaku Tak Dapat Distribusi Air Bersih Dari Pemkab Bangkalan

image

Warga serbu droping air

Bangkalan, maduracorner.com – Bencana kekeringan masih menjadi momok bagi banyak warga pedesaan di Kabupaten Bangkalan. Salah satunya adalah desa Tambin kecamatan Tragah yang merasakan kerasnya musim kemarau. Mereka mengaku benar-benar kesulitan mendapatkan air bersih. Apalagi, mereka tidak pernah mendapat distribusi air bersih dari Pemkab Bangkalan.

Hal ini disampaikan Halili, salah satu warga setempat saat menerima penyaluran air bersih dari Polsek Tragah, selasa (15/9/2015). “Dari pemerintah kabupaten tidak ada sama sekali. Untungnya pihak polsek melakukan penyaluran air bersih ini. Kami berterima kasih banyak”,katanya kepada maduracorner.com sambil menenteng jerigen air.

Halili menjelaskan, warga desanya memang selalu kesulitan air saat masuk musim kemarau karena tidak adanya sumber air. “Setiap tahunnya kami ya pasti seperti ini. Kami sangat membutuhkan penyaluran air bersih”,ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga setempat harus mengambil air ke beberapa desa sebelah yang masih memiliki cadangan sumber air bersih. “Sementara bagi yang mampu, ya membeli air ke PDAM Tangkel itu mas”,tandas Halili.

Selain itu, pemenuhan kebutuhan air bersih juga didapat warga dengan mengambil air di sumur bor milik kepala desa setempat. “Yang di pak kades, itu gratis bagi kita. Tapi sumber airnya disana juga tidak terlalu banyak. Saat habis, ya terpaksa mencari air ke desa sebelah”,pungkasnya. (mad)

Penulis: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia