Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat, Mahasiswa UTM Semprotkan Disinfektan dan bagi-bagi Masker di Tiga Desa

Bangkalan, Maduracorner.com, Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat  (Abdimas) yang ada di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Pengabdian masyarakat itu berbeda dengan periode-periode sebelumnya, kali ini Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020, mengadakan KKN (edisi Covid-19). Yang bertemakan “Penyuluhan Pentingnya Ketaatan Pada Kebijakan New Normal dan Pencegahan penularan Covid-19 di Kecamatan Kamal”.

Hal itu disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Rina Yulianti, SH., kepada Maduracorner.com. Sabtu (18/7/2020).

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat dan Pemerintah dalam menanggulangi wabah Virus Corona yang semakin meluas.

“Kegiatan Abdimas ini adalah upaya UTM sebagai perguruan tinggi untuk ikut serta dalam mencegah dan meminimalisir penyebaran COVID 19,”kata dia.

Dengan adanya pandemi covid-19 ini menjadi salah satu tantangan bagi para mahasiswa yang KKN didaerah lain khususnya yang di Kecamatan Kamal. Sehingga nantinya, bisa berkontribusi secara langsung dalam meminimalisir penyebaran covid-19.

“Jadi mahasiswa memang kami arahkan membuat program kerja yang bisa membantu warga dalam menghadapi pandemi, seperti bagi masker, penyemprotan disinfektan, sosialiasi dan bagi handzsanitiser sesuai lokasi KKN,”ujarnya.

Rina menjelaskan, salah satu program kerja yang dilakukan adalah kegiatan penyemprotan disinfektan, pembagian masker serta membantu mensosialisasikan pentingnya kesehatan supaya tetap memenuhi standar protokol kesehatan yang berlaku.

“Kegiatan itu dilakukan ditiga desa yang berada di Kecamatan Kamal, salah satunya ditempat-tempat ibadah Masjid dan Gereja yang berada di Desa Telang, pembagian masker di Desa Gili Barat serta penyuluhan kebijakan diera normal baru di Desa Banyuajuh,”jelasnya.

Ia berharap, dengan dilakukannya kegiatan ini dapat mencegah penularan covid-19 sehingga pandemi ini cepat berakhir.

“Semoga dengan pengabdian mahasiswa di lingkungan  masyarakat ini mudah-mudahan bisa menghambat penularan dan kegiatan ini bisa bermanfaat untuk orang banyak,”tandasnya.

Diketahui, Kegiatan itu dilakukan mulai tanggal 29 Juni sampai 24 juli 2020 dan dan dikuti oleh mahasiswa KKN Tematik Satgas COVID-19 UTM yaitu, Lamtiur Hutapea, Moch Rofi, dan Romlah. (Ris).

Email Autoresponder indonesia