Berbuat Curang, KPU Bangkalan Ancam Pecat Anggota PPS

1198 views

Ketua KPU Bangkalan Fauzan Ja’far memberikan selamat kepada anggota PPS yang dilantik

BANGKALAN, MADURACORNER.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan mengingatkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar tidak melanggar aturan dan berbuat curang. Jika ditemukan anggota PPS melakukan pelanggaran, KPU tidak segan-segan akan memecat yang bersangkutan.

“Jangankan sampai ketahuan, mendengar saja ada laporan anggota PPS melanggar pakta integritas akan saya pecat,” ancam Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Ja’far usai melantik 843 anggota PPS di gedung Rato Ebhu, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya, anggota PPS dituntut profesional, berintegritas dan independen dalam menjalankan tugas. Kredibilitas penyelenggara menjadi taruhan dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 mendatang.

“Jadilah penyelenggara yang baik. Kalau prosesnya baik, tentunya hasilnya juga baik,” pesannya.

Fauzan menjelaskan, pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur serta pemilihan bupati dan wakil bupati Bangkalan pada 28 Juni 2018, menjadi tantangan bagi penyelenggara. Sebab, setiap pemilu Kabupaten Bangkalan selalu masuk kategori zona merah.

“Zona merah artinya setiap pelaksanaan pemilu selalu imajiner. Sederhananya, pemilu belum selesai tapi pemenangnya sudah ketahuan duluan,” paparnya.

Anggota PPS kata Fauzan merupakan ujung tombak penyelenggara di tingkat desa. Kecurangan dalam pilkada selama ini terindikasi terjadi di desa-desa. Makanya, anggota PPS harus transparan dan netral dalam melaksanakan tugas di wilayah masing-masing.

“Saya tegaskan jangan sekali-kali anggota PPS memihak, apalagi menjadi tim sukses salah satu calon,” tandasnya. (*)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Achmad

Email Autoresponder indonesia