Berdalih Penyusutan Anggaran, TA 2014 Tak Ada Pembangunan Embung

Sumenep, Maduracorner.com -Pada tahun 2014 ini, di Kabupaten Sumenep, dipastikan tidak ada pembangunan embung yang bersumber dari APBN. Sebab anggaran dari APBN mengalami penyusutan.

Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Kabupaten Sumenep, Eri Susanto. Menurutnya, sudah ada beberapa bangunan embung, di Kecamatan Pragaan ada 3.

“Sekarang harapan kami di sebelah timur. Di Kecamatan Batang-batang kalau musim Kemarau mengalami kekeringan. Jadi kami bekerjasama dengan balai besar wilayah sungai (BBWS) Brantas Jawa Timur, ada perencanaan 15 embung,” ujarnya.

Tapi menurutnya, tahun 2014 tidak ada program. Pihaknya mengaku bertahap. “Yang penting sudah kami survei dan perencanaannya sudah tersedia. Nanti tinggal mencari dana konstruksinya,” dalihnya.

Pihaknya mengakui, tahun 2014 sebenarnya pihaknya dapat bantuan, tapi karena ada pengurangan anggaran, tidak tahu kenapa, akhirnya Kabupaten Sumenep tidak dapat.

“Jadi semoga tahun anggaran 2015 Kabupaten Sumenep dapat lagi. Pada tahun 2013 kemarin Desa Aeng Merah Kecamatan Batuputih Sumenep. Harapan kami di setiap Desa yang sering dilanda kekeringan harus ada embung,” harapnya.

Sementara, kalau pengeboran terus dilakukan, menurutnya sangat riskan. “Sebab air tanah dieksploitasi, terus air akan habis,” tandasnya.

Penulis : Rian Andrian
Editor : Gebril Altsaib

Email Autoresponder indonesia