Bersaing Dengan SMP Swasta Dan MTs, SMPN 2 Kwanyar Persiapkan PSB Lebih Dini

Suryanto, kasek smpn 2 kwanyar. foto : aryan/mc.com

Suryanto, kasek smpn 2 kwanyar. foto : aryan/mc.com

Jelang “Kompetisi” PSB | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Dengan berakhirnya Unas 2013, agenda selanjutnya bagi penyelenggara SMP adalah mempersiapkan penerimaan siswa baru (PSB). Persiapan ini menjadi faktor penting untuk menjaring minat calon siswa, terlebih bagi lembaga yang memiliki sejumlah kompetitor di wilayahnya. Kondisi itulah yang saat ini sedang disiasati oleh penyelenggara SMPN 2 Kwanyar Kecamatan Kwanyar. Mereka mulai start untuk mempersiapkan semuanya yang berkaitan dengan Penerimaan Siswa Baru (PSB).

”Walaupun Tahun Ajaran Baru 2013/ 2014 masih sekitar 2 bulan lagi. Tapi untuk PSB, jauh-jauh hari kita sudah mempersiapkan diri. Sebab dalam PSB itu, SMPN 2 Kwanyar harus bersaing ketat dengan SMP Swasta dan MTs yang jumlahnya ada 6 lembaga,” terang Kasek SMPN 2 Kwanyar, Suryanto, Sabtu (27/4).

Untuk lebih memantapkan PSB tahun ini, sambung Suryanto, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan puluhan SDN pinggiran yang ada di 7 desa. Mereka juga melakukan pendekatan terhadap para ulama, tokoh masyarakat dan Kepala Desa setempat. Bahkan, pendekatan serupa juga dilakukan terhadap para kompetitor, melalui kasek SMP Swasta dan Kasek Mts yang berkepentingan sama untuk menjaring siswa baru. Upaya itu dilakukan agar tidak terjadi kesalah pahaman selama proses PSB.

“Pada prinsipnya, dalam PSB kita bersaing secara sportif, sehat dan sepenuhnya menyerahkan kepada orang tua siswa untuk mengambil keputusan kemana putra-putri mereka akan melanjutkan pendidikannya,” tambah Suryanto seraya juga mengatakan “Target PSB pada rombongan belajar (rombel) tahun ini adalah sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 90 orang,”(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia