Beruntung Ada CCTV, Aksi Residivis Ini Bisa Langsung Diungkap

image

Pencuri motor terekam CCTV

Bangkalan, maduracorner.com – Kasus ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pemilik toko. Terutama di Bangkalan – Madura. Berkat adanya CCTV yang merekam aktivitas di depan toko, sebuah aksi curanmor langsung terungkap Satreskrim Polres Bangkalan, yang terjadi senin (12/1/2014) malam.

Pelakunya adalah Rifandi, warga desa Benyior, Kecamatan Sepulu serta Ismu, warga desa Prancak, Kecamatan Tanjung Bumi – Bangkalan. Aksi pencurian sepeda motor yang dilakukan keduanya terlihat jelas di hasil rekaman CCTV toko kain di Jalan Letnan Mestu Bangkalan.

Dari rekaman tersebut, terlihat tersangka Rifandi datang berboncengan bersama Ismu ke depan toko. Keduanya berhenti tak jauh dari sepeda motor Honda Beat milik Novi warga Kelurahan Pejagan diparkir. Korban memang sedang berbelanja kain di toko tersebut.

Rifandi yang dalam posisi membonceng, lalu turun dari atas sepeda motor. Ia kemudian duduk di emperan toko sambil sesekali celingukan melihat kondisi. Tak berapa lama, tersangka Rifandi bangun dan mendekati sepeda motor milik korban. Ia pun memegang bagian depan motor yang kemungkinan merusak kunci stir dengan kunci T yang dibawanya.

Rifandi sempat menjauh dari sepeda motor saat seorang pegawai toko keluar hendak membuang sampah. Namun ia kemudian kembali mendekat dan memindahkan helm diatas sepeda motor tersebut ke tempat lain. Tanpa ragu lagi, Rifandi langsung membawa kabur sepeda motor korban.

Dari penuturan saksi, saat itu tidak ada yang curiga dengan perilaku Rifandi. “Gak ada yang curiga, mas. Saya sempat melihat tersangka sebenarnya saat ia membawa sepeda motor itu. Cuma saya pikir sepeda motor milik dia”,terang Dewi, salah satu pelanggan toko yang ditemui wartawan, selasa pagi.

Seisi toko baru ramai setelah menyadari salah satu pembelinya panik karena sepeda motornya hilang. Mereka pun langsung melaporkan kejadian ini.

Polisi yang datang ke TKP, langsung melakukan pemeriksaan. Termasuk dari hasil rekaman CCTV toko bersangkutan. “Ciri-ciri pelaku bisa kami kenali berkait gambar CCTV serta keterangan warga yang melihat. Begitu mengetahui siapa pelakunya, langsung tim kami bergerak menangkap pelaku”,ujar Kasat Reskrim Polres Bangkalan AKP Andik Purnomo kepada maduracorner.com.

Penangkapan pelaku hanya berselang beberapa jam saja dari kejadian. Menurut Andik Purnomo, hasil rekaman CCTV sangat membantu pihaknya bisa segera mengungkap kejadian tersebut. “Beruntung ada rekaman tersebut. Kami bisa mengenali tersangka karena ia memang residivis. Dari catatan kami, tersangka Rifandi sudah 5 kali masuk penjara karena kasus serupa”,kata Andik lagi. (mad)

Penulis: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia