Biaya Mahal, Mahasiswa Aksi “Gantung Diri” di Kampus Unija

469 views

Maduracorner.com, Sumenep – Sejumlah mahasiswa melakukan aksi treatrikal “Gantung Diri” di kampus Universita Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jumat (6/7/2018). Dalam aksi ini mahasiswa memprotes mahalnya biaya di kampus ini.

Aksi mahasiswa di kampus Universitas Wiraraja Sumenep, merupakan yang kedua kalianya, tapi aksi kali berbentuk aksi treatrikal, dengan menggantungkan diri menggunakan tali rafia. Sebagai bentuk protes mahalnya biaya kampus yang dinilai memberatkan mahasiswa.

Sambil membentangkan poster birisi protes ” stop kapitalisasi pendidikan, Universita Wiraraja termahal di madura” mahasiswa juga melakukan orasi mengecam kebijakan kampus yang tidak berpihak pada mahasisa.

“Kami katakan Universitas Wiraraja hari ini bukan lembaga pendidikan, melainkan perusahaan,” Protes Korlap Aksi Abdul, Jumat (6/7/2018).
Menurut Abdul, dampak dari biaya mahal per semester hingga mencapai sekitar Rp 2 juta lebih, jumlah mahasiswa baru menurun karena enggan masuk ke kampus unija. “Padahal fasilitas tidak memadai, UKM mahasiswa terlantar tidak punya ruangan, mau berkreasi gimana kalau fasilitasnya seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Uiversitas Wiraraja, Sjaifurrachman mengatakan, pihaknya tetap tidak akan merubah kebijakan kampus. Suara segelintir mahasiswa tidak bisa mewakili sebanyak 4000 mahasiswa yang aktif saat ini.
“Jadi kalau mahasiswa tidak mau dengan kebijakan kampus, silahkan kuliah di kampus lain, itu solusinya. Karena kami tetap pada pendirian dengan kabijakan yang sudah diterapkan di kampus ini,” dalihnya. (Sai)

By Jiddan