Blanko Ijazah Belum Dikirim Dari Pusat

449 views

Belum ada Kepastian kapan Blangko ijazah datang | Oleh:Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Sudah sebulan lebih pengumuman kelulusan siswa SMA, SMK dan MA, namun sampai saat ini, siswa yang lulus belum menerima ijasah, karena dinas pendiddikan belum menerima blanko ijazah dari Kemendikbud RI.

“Belum ada kepastian kapan blanko Ijazah dikirim dari pusat dan sepanjang yang kami tahu keterlambatan blanko ijazah kelulusan siswa itu, baru kali ini terjadi,” ujar Kepala Disdik Bangkalan, M.Mohni melalui Sekretaris Disdik Bangkalan, M.Kamil, Jum’at, (27/6).

Dijelaskan Kamil, keterlambatan pengiriman blanko ijazah kelulusan itu,tidak hanya terjadi di Kabupaten Bangkalan saja, akan tetapi hampir merata dikabupaten – kota di seluruh Indonesia. Bagusnya, dalam keadaan darurat pusat memberi kebijakan dan mengizinkan kepada masing- masing sekolah untuk membuat surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) karena sebelumnya sekolah sudah menerima nilai UN siswa secara kolektif.

“SKHUN itu bisa dipakai oleh para siswa untuk kepentingan pendaftaran bagi yang akan dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dan untuk keperluan lainnya,” paparnya.

Walaupun begitu, lanjut Kamil, pihak Disdik Bangkalan berharap secepatnya blanko ijazah itu dikirim ke daerah. Apalagi penulisan nama siswa, alamat dan data lainnya tidak boleh salah dan sama sekali tidak boleh di tip-ex di blanko ijazah. Termasuk membuat berita acara jumlah blanko ijazah yang terpakai dan sisanya berapa untuk menghindari penyalah gunaan blanko ijazah terhadap orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Memang ada informasi, katanya akhir bulan ini blanko ijazah sudah dikirim ke Disdik Provinsi Jatim dan diteruskan ke kabupaten-kota. Mudah-mudah aja mas, biar orang tua siswa tidak terus – terusan menanyakan persoalan blanko ijazah tersebut ke Disdik Bangkalan,” pungkasnya. (yan/shb).