BLH Lakukan Study Relokasi TPA

643 views

TPA Buluh sudah Penuh I Oleh : A. Shohib

Maduracorner.com, Bangkalan– Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di desa Buluh kecamatan Kamal yang dibangun sejak tahun 2006 saat ini telah overload. Untuk mencari TPA baru saat ini Badan Lingkungan Hidup dan kebersihan tengah melakukan study relokasi.”Kita sudah melakukan study relokasi di empat kecamatan untuk penentuan lokasi lokasi TPA,” kata Kepala BLH dan Kebersihan kabupaten Bangkalan, Tomy Feryanto melalui Kabib kebersihan, Imam Syafri, Minggu (16/03)

Dijelaskan Imam Syafri, ke- 4 kecamatan. Yang dilakukan study Relokasi itu adalah ; kecamatan Tragah, Galis, Arosbaya dan kecamatan Socah. “Dari study relokasi ternyata yang paling memungkin untuk lokasi TPA adalah di kecamatan Tragah,” jelasnya.

Lebih lanjut Imam Syafri menjelaskan, untuk membangun TPA baru di kecamatan yang telah dilakukan study relokasi itu membutuhkan lahan antara 6 hingga 8 hektar. “Lahannya di kecamatan Tragah sudah ada, tinggal pembebasannya saja,” terangnya.

Selama masa proses pembangunan TPA baru kata Imam Syafri, saat ini pihaknya masih memanfaatkan TPA Buluh yang masih memiliki sisa deposit sekitar 800 hingga 1000 kubik. “Dengan konsekwensi kita harus melakukan pemadatan, karena secara tehnis TPA itu maksimal 6 sap, tapi secara tehnik sekarang sudah bisa 8 sap, karena sering kita padatkan,” tuturnya.

Dikatakan Imam Syafri, Selain mencari TPA baru untuk menangani masalah sampah, pihaknya akan melakukan inovasi dengan melakukan penangkapan gas metan. “Sampah ini kan mengandung gas metan, jadi nanti gas metan itu akan kita tangkap kemudian disalurkan ke masyarakat untuk keperluan gas. Ini Rencana inovasi yang akan kita ilakukan pada tahun 2014 ini,” pungkasnya. (Shb).

Email Autoresponder indonesia