BPBD Bangkalan Mengaku Tidak Punya Anggaran Bencana

535 views
image

Pohon Tumbang di Jalanan Kota Bangkalan Beberapa Waktu Lalu Usai Hujan Deras di Musim Penghujan 2015

Bangkalan, maduracorner.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bangkalan mengaku tidak memiliki anggaran penanganan bencana alam. Namun, pos anggaran tersebut ditangani oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Saya tekankan, BPBD tidak pegang dana bencana alam,”tegas Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat kepada maduracorner.com, kamis  (04/02/2016).

Menurutnya, BPBD hanya memikili tugas menangani bencana dan mendata kerugian yang ditimbulkan. Sedangkan bantuan bagi korban langsung ditangani oleh BPKAD. Biasanya, bentuk bantuan yang diberikan berupa sembako. “Dananya dari Belanja Tak Terduga (BTT). Silahkan tanyakan ke BPKAD langsung,”imbuhnya.

Sejauh ini kata Hidayat, bencana puting beliung telah melanda enam kecamatan. Sebut saja, kecamatan Socah, Kamal, Labang, Bangkalan dan kecamatan Tanah Merah. Sedangkan, bencana longsor terjadi di Desa Durin kecamatan Konang. “Laporan yang masuk terkait kerugian akibat bencana alam hanya kecamatan Kamal. Untuk yang lain belum melaporkan,”pungkasnya. (her/mad)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Mamad Taufik