BPBD Bangkalan Petakan Desa – Desa Rawan Kekeringan

1143 views

image

Bangkalan, maduracorner.com – Musim penghujan sudah berlalu dan kemarau pun mulai di depan mata. Seperti biasa, ancaman kekeringan terutama masalah air bersih akan menjadi ancaman bagi masyarakat di wilayah yang rawan kekeringan. Berkaitan dengan hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan mulai melakukan pemetaan terhadap desa-desa yang dinilai rawan kekeringan tersebut.

“Meski hujan masih turun secara sporadis dan bersifat lokal, kami sudah mulai melakukan pemetaan terhadap desa – desa yang sering menjadi langganan kekeringan di Kabupaten Bangkalan,”terang Kepala BPBD Kabupaten Bangkalan, Wahid Hidayat kepada maduracorner.com, kamis (11/6/2015) siang.

Mantan Sekcam Kecamatan Klampis tersebut menjelaskan, anggota dan relawan BPBD pun sudah mendata sejumlah temuan dari hasil pantauan di lapangan. Semisal di Desa Paeng Kecamatan Modung. Yakni, warga desa setempat sudah harus mengambil air bersih dari desa terdekat karena sumber air di desanya mulai mongering.

“Temuan itu nantinya akan kami pakai sebagai masukan. Rencana berikutnya kami masih akan blusukan ke desa lainnya sambil menggali informasi. Termasuk dari pihak kecamatan setempat,”ujar Hidayat. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia