BPBD : Cuaca di Bangkalan Diprediksi Masih Aman

1419 views

Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Moris

Bangkalan, maduracorner.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan menyampaikan, sesuai ramalan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk beberapa hari kedepan cuaca pada umumnya berawan tebal. Potensi terjadinya hujan sedang-lebat pada sore dan malam hari hanya meliputi wilayah Tanjung Perak, Gresik, Lamongan, Sumenep, Perairan Tuban dan Perairan Utara Jawa Timur.

Sedangkan kondisi angin umumnya dari barat daya dengam kecepatan berkisar 46 km/jam. Sementara, prakiraan ketinggian gelombang laut Jawa antara 0,5-1, meter.

“Untuk wilayah Bangkalan diprediksi masih aman,” jelas Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Moris, Sabtu (11/3/2017).

Namun demikian kata mantan Kepala KP2T setempat ini, masyarakat tetap diimbau agar tetap waspada. Sebab, perubahan cuaca bisa terjadi kapan saja. Sehingga ketika cuaca buruk datang secara tiba-tiba masyarakat sudah bisa mengantisipasi.

“BMKG pasti akan mengeluarkan peringatan dini apabila di satu wilayah akan terjadi potensi bencana berdasarkan pantauan citra satelit BMKG,” imbuhnya.

Menurutnya, sejauh ini BPBD Bangkalan selalu update informasi dari BMKG disamping itu juga mewanti-wanti kepada setiap kepala desa dan camat untuk tetap waspada dengan kondisi wilayah masing-masing.

“Potensi hujan lebat, banjir dan angin puting beliung masih belum terlihat. Semoga tetap aman-aman saja,” tandasny.(*)

Penulis: Heriyanto Ahmad

Editor: Achmad

Email Autoresponder indonesia