Bukit Kapur di Kecamatan Arosbaya Ambruk

2205 views

Bukti Kapur di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya. (FOTO: Istimewa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Bukit Kapur di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, ambruk, Kamis (2/5/2019) pukul 14.00 WIB. Akibatnya, seorang penjual rujak di area penambangan batu kapur itu menjadi korban.

“Informasinya tiba-tiba ambruk. Jadi, penyebabnya belum diketahui secara pasti,” ucap Kapolsek Arosbaya, Iptu Puji Purnomo.

Menurutnya, identitas penjual rujak yang menjadi korban yakni Hj Khodijah (60) warga Desa Buduran. Saat ini, korban sedang dirawat di Puskesmas Tongguh Arosbaya. Korban harus mendapat enam jahitan di kepala bagian kanan karena menderita luka robek.

“Mungkin terkena material. Bukit yang ambruk lokasinya berdekatan dengan korban yang sedang berjualan,” imbuh Puji.

Dijelaskan, tragedi runtuhnya bukit kapur juga menyebabkan mobil Toyota Fortuner VRZ warna hitam yang diduga milik pengunjung mengalami kerusakan parah pada bagian belakang. Kendaraan yang belum diketahui pemiliknya itu, tertimpa material reruntuhan.

“Masih kita cari siapa pemilik mobil. Karena tidak ada plat nomornya juga,” terangnya.

Camat Arosbaya Anang Yulianto menambahkan, lokasi penambangan batu kapur ditutup untuk sementara waktu. Di musim penghujan, memang sangat rawan terjadi bencana longor.

“Bukit yang ambruk itu sudah tidak ditambang lagi, karena lokasinya di depan dan menjadi satu-satunya akses menuju penambangan,” tuturnya.

Anang menjelaskan, penambangan batu kapur di Desa Berbeluk dikelola perorangan. Ia berharap agar para penambang memperhatikan dan mengutamakan keselamatan saat bekerja. Sebab, bencana bisa datang kapan saja.

“Ya kalau bisa jangan ditambang semua supaya alamnya tidak rusak,” tandas Camat Arosbaya Anang Yulianto. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad

Email Autoresponder indonesia