Bulan Ramadhan, Warga Khatamkan Al-Quran Di Masjid Jami’ Sumenep

2611 views
image

Legiyono Saat Ditemui di Pelataran Masjid Jamik Sumenep

Sumenep, maduracorner.com – Bulan ramadhan 1427 hijriyah dimanfaatkan betul oleh warga Sumenep untuk banyak beri’tikaf di masjid. Termasuk dengan mengkhatamkan Al-qur’an di Masjid Jami’ Sumenep yang merupakan salah satu masjid tertua di Jawa Timur.

Memperbanyak bacaan Al Quran ini dilakukan oleh warga, biasanya setiap kali mereka usai -menunaikan sholat fardhu. Tak hanya warga dewasa saja. Kalangan remaja dan anak-anak pun tampak khusuk dalam mengkhatamkan Al-quran tersebut.

Salah seorang warga Sumenep, Legiyono menuturkan, banyaknya warga yang beri’tikaf di masjid jamik ini karena sejak berpuluh – puluh tahun masjid jamik sudah menjadi rujukan warga Sumenep khususnya ketika ramadhan tiba.

“Karena memang sudah tradisi sejak dulu. Masjid Jami’ Sumenep menjadi rujukan masyarakat. Kita sering berkumpul disini saat Ramadhan”,ujar Legiyono.

Bahkan, antusiasme beribadah warga pun meningkat. Hal ini dibuktikan makin banyaknya warga yang sholat berjamaah di saat bulan puasa. “Jika biasanya hanya 2-3 shaf saat hari biasa, sekarang bisa 11 shaf sholat jamaah di saat Ramadhan”,tuturnya lagi.

Selain meningkatnya jamaah yang beri’tikaf, sisi historis atau sejarah Masjid Jamik Sumenep juga menjadi daya tarik tersendiri. Termasuk sebagai rujukan wisata terlebih di bulan ramadhan tahun ini. “Bahkan di bulan Ramadhan, masyarakat dari luar Sumenep lebih banyak yang dating berkunjung untuk ikut beri’tikaf disini”,paparnya sambil tersenyum. (kha/mad)

Penulis: Khalis Nur
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia