Bunga Teratai Makam Rato Ebuh Sampang Dipercaya Bisa Bikin Awet Muda

Relief bunga teratai di situs Makam Ratoh Ebuh-foto: Son/MC.com

Relief bunga teratai di situs Makam Ratoh Ebuh-foto: Son/MC.com

Sampang, Maduracorner.com – Apabila anda ingin awet muda atau mempunyai masalah pribadi datang saja ke makam Ratoh Ebuh yang berada di Desa Madegen Kelurahan Polagen Kabupaten Sampang. Entah sekedar mitos atau kenyataan namun banyak masyarakat yang percaya apabila relief bunga teratai yang berada di sekitar makam Ratoh Ebuh apabila diusapkan ke wajah bisa membuat awet muda.

“Ngalap berkah saja mas, siapa tahu dengan “nyelase” (ziarah Red) ke makam ratoh ebuh semua persoalan bisa teratasi,” tutur Sulis (25) warga Sumenep yang di temui MC saat keluar dari area makam Ratoh Ebuh yang ditemani oleh tunangannya, Sabtu (23/08/2014).

Namun sayang, dari pantuan MC, situs makam Ratoh Ebuh yang masuk dalam cagar budaya tidak dilengkapi dengan congkop. Hal itu membuat masyarakat yang berkunjung tidak berlama-lama karena cuaca yang sangat panas, apalagi disekitar situs makam Ratoh Ebuh yang juga banyak terdapat makam para pangeran dan keturunannya tidak ada pohon yang rindang.

Sementara itu menurut juru pemelihara makam Ratoh Ebuh, Nurul Amin, keberadaan situs makam Ratoh Ebuh awal pertama kali ditemukan pada tahun 1624 M. “Beliau Ratoh Ebuh adalah ibunda dari Raja pertama Madura yakni Raden Praseno, yang diangkat sebagai raja pertama di Madura dengan gelar Cakraningrat 1,”. terang Nurul.

Disinggung soal tidak adanya fasilitas congkop di atas Makam Ratoh Ebuh, Nurul mengatakan bahwa situs Makam Ratoh Ebuh berada dibawah naungan Cagar Budaya Mojokerto. “Pembangunan congkop menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Timur bukan Pemkab Sampang, karena ini milik Provinsi” pungkasnya.

Penulis : Son Umar Al Farouq
Editor    : Sohib

Email Autoresponder indonesia