Bupati Bangkalan Bangun PLTS di Dua Desa

701 views
Bupati Bangkalan Saat konpres-foto: Aryan/MC.com

Bupati Bangkalan Saat konpres-foto: Aryan/MC.com

Bangkalan,Maduracorner.com – Guna membantu warga yang kurang mampu Bupati Bangkalan memberi bantuan pembangkit. Listrik. Tenaga surya (PLTS) di desa Brakas Dajah Kecamatan Modung dan Galis Dajah Kecamatan Konang. “Jadi Bantuan PLTS ini kita berikan kepada masyarakat miskin yang tidak mampu untuk menyambung listrik PLN,” terang Bupati Bangkalan, Makmun Ibnu Fuad kepada wartawan di aula Diponogoro Pemkab. Bangkalan, Selasa, (26/8/2014).

Dijelaskan dia, ada 10 unit PLTS yang dibangun di dua desa tersebut. “Kita berharap dengan dibangunnya PLTS itu, warga di dua desa itu nantinya tidak akan lagi mengalami kesulitan dalam masalah penerangan rumah dan lokasi desanya yang sangat dibutuhkan,” katanya

Dengan diberinya bantauan PLTS yang disalurkan melalui Dinas Pertambangan dan Energi Bangkalan, kata Bupati Momon, masyarakat di dua desa itu sudah bisa menjalankan semua aktifitasnya yang berkaitan dengan memajukan roda perekomian masing-masing dan tidak ditemui kendala lagi dalam masalah penerangan. “Pembuatan PLTS itu terbilang sangat sederhana yakni terdiri dari antena dan aki lalu disambungkan ke listrik. Dikerjakan mulai bulan Januari hingga April 2014 dan dioperasikan secara penuh sejak Juli 2014 silam,” pungkasnya.

Sementara itu, warga kurang mampu yang mengalami kesulitan dengan kebutuhan gas di Kelurahan Tonjung Kecamatan Burneh. Bupati Bangkalan juga membantu keperluan biogas itu dengan membuatkan pengolahan biogas berupa sapiteng yang sudah dikasi cairan dan dicampur kotoran sapi, selanjutnya hasil campuran yang sudah menjadi biogas itu diisalurkan lewat pipa ke kompor gas milik warga. “Bantuan pembuatan biogas dimulai bulan Februari 2014 selesai Juni 2014, kini sudah mulai beroperasi dan di salurkan kerumah-rumah warga kurang mampu yang membutuhkan.

Penulis : Aryan
Editor. : Sohib

Email Autoresponder indonesia