Bupati Bangkalan Belum Beri Kejelasan Pilkades Tahap II, Ini Alasannya

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron

Bangkalan, Maduracorner.com, Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron belum bisa memastikan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap ke II tahun 2022. Hal itu disampaikan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron, Selasa, 01 Maret 2022 kemarin.

Menurut Ra Latif, Pemerintah Bangkalan sudah mewacanakan Pilkades tahap II dilaksanakan tahun 2022 ini. Hanya saja, hingga saat ini pemerintah Bangkalan masih melakukan rapat koorsinasi dengan seluruh pihak.

Bacaan Lainnya

“Kepastian Pelaksanaan Pilkades tahap ke II yang direncanakan tahun 2022 masih belum final. Kita menunggu hasil koordinasi dengan Komisi A,” ucap Ra Latif.

Menurut Ra Latif, Komisi A DPRD Bangkalan sudah melakukan kunjungan ke Kemendagri dalam rangka koordinasi terkait Pilkades di Bangkalan.

“Melalui usulan Komisi A nanti kami koordinasi kembali apakah Pilkades ini bisa dilaksanakan pada tahun 2022 ini?,” ujarnya.

“Jadi pelaksanaannya belum kita pastikan makanya kami terlebuh dahulu akan berkoordinasi dan rapat bersama dengan komisi A serta perwakilan dari beberapa Desa yang akan mengikuti Pilkades,” terangnya.

Menurut Ra Latif, salah satu faktor tahapan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa belum dilaksanakan karena minimnya anggaran. Dia mengatakan, pelaksanaan Pilkades tahap II di Bangkalan membutuhkan anggaran 24 miliar. 

“Jadi anggaran Pilkades dibutuhkan kurang lebih sekitar 24 miliar. sementara anggaran Pemkab tahun ini masih ada 14 miliar tapi kita menunggu hasil informasi hasil kunjungan dari Komisi A ke Kemendagri. Dan keputusan di kembalikan ke daerah masing masing. Makanya kita sudah sampaikan, akan melakukan koordinasi dulu dengan seluruh pihak sejauh mana nantinya proses pilkades di Bangkalan dan rekomendasinya seperti apa?,”. Pungkasnya. (Ris).

Pos terkait