Bupati Bangkalan Hadiri Apel Akbar PPS Jokotole Bangkalan

Maduracorner.com, Bangkalan, Perguruan Pencak Silat Jokotole Kabupaten Bangkalan melaksanakan Apel Akbar bersama ratusan anggota Pencak Silat Jokotole di Alun – Alun Selatan Kota Bangkalan, Madura, Minggu, (15/9/2019).

Tujuan Apel Akbar PPS Jokotole tersebut dalam rangka meneguhkan semangat dan prestasi Pencak Silat tingkat lokal, Nasional dan Internasional yang dilaksanakan setiap bulan.

Selain dihadiri 300 anggota pencak silat Jokotole, apel itu juga dihadiri Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron dan Komandan Kodim (Dandim) 0829 Bangkalan, Letkol Kav. Ari Setyawan Wibowo, beserta perwakilan forkopimda Bangkalan.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pengurus Pencak Jokotole (PPS) Kabupaten Bangkalan Jimhur Saros mengatakan apel seluruh anggota dan pengurus pencak silat Jokotole Kabupaten Bangkalan adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh perguruan silat Jokotole Kabupaten Bangkalan.

“Apel kali ini sekitar 300 lebih dan dihadiri oleh perwakilan yang terdiri dari 7 diklat seperti dari Kamal ada 3 Diklat dan di Kota Bangkalan terdapat 4 Diklat,” ujarnya.

Jimhur juga mengatakan tujuan kegiatan apel tersebut untuk menghidupkan gairah generasi muda dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal sekaligus budaya nasional.

“Karna kami melihat kegiatan generasi muda zaman ini lebih banyak mengarah pada gadget yang kadang tidak tahu fungsi dan manfaat sebenarnya,” terangnya.

Ditempat yang sama, Komandan Distrik Militer (Kodim) 0829 Bangkalan Letkol Kav. Ari Setyawan Wibowo berharap, perguruan pencak silat Jokotole bisa menumbuhkan bibit generasi yang berprestasi.

“Dengan tumbuh berkembang meningkatkan prestasi di pencak silat Jokotole. Karna pencak silat merupakan salah satu olahraga warisan leluhur kita. Terutama di Kabupaten Bangkalan. Sehingga kegiatan seperti ini bisa dijadikan ajang untuk meningkatkan prestasi dan meningkatkan kegiatan – kegiatan positif untuk generasi muda,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, R. Abdul Latif Amin Imron juga berharap perguruan pencak silat jokotole di Bangkalan semakin jaya dan terus semakin maju serta bisa mencetak generasi pemuda – pemudi yang berprestasi ditingkat nasional maupun tingkat Intenasional.

“Mudah mudahan dengan adanya apel rutinan setiap bulan ini bisa ikut serta menjaga kelestarian budaya,” ujarnya.

Menurutnya, pencak silat Jokotole adalah tradisi dan budaya yang dimiliki Bangsa Indonesia. Sehingga sebagai generasi harus memiliki tangung jawab. Untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia ini.

“Dan kita harus mengkader para pejuang – pejuang seperti pemuda yang akan mengikuti tournamen kejuaran baik tingkat nasional maupun tingkat Internasional sehingga bisa membawa harum nama Kabupaten Bangkalan,” pungkasnya (tkn).