Bupati Bangkalan Lantik Tiga Kades Terpilih

726 views
Bupati Bangkalan Lantik Tiga Kades Terpilih

Bupati Bangkalan Lantik Tiga Kades Terpilih

Bangkalan,Maduracorner.com – Bupati Bangkalan,Muh.Makmun Ibnu Fuad melantik tiga kepala desa (kades) terpilih di pendopo agung Bangkalan. Tiga kades tersebut, diantaranya H.Ismar kades Desa Batobella Kecamatan Geger, Rifa’i kades Soket Dajah Kecamatan Tragah dan Mat Tamrin kades Batah Timur Kecamatan Kwanyar. “Hari ini tiga kades terpilih dilantik, diambil sumpahnya dan ditetapkan sebagai anggota KORPRI oleh bapak Bupati Bangkalan, Muh.Makmun Ibnu Fuad,” ujar Kepala Bapemas dan Pemdes Bangkalan, Ismed Effendi, Rabu,(24/12/2014).

Sementara itu, Bupati Bangkalan,Muh. Makmun Ibnu Fuad mengatakan ditinjau secara normatif, langkah tindak lanjut yang perlu dilakukan oleh pemkab. Bangkalan dalam rangka memenuhi tahapan proses pemungutan suara terhadap pemilihan kepala desa atau pilkades. Antara lain adalah melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi kades terpilih. Itu sebab nya secara mendasar bisa dikatakan melalui pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang telah dilakukan. Maka kades terpilih telah memiliki tanggung jawab untuk menjalankan amanah dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara pemerintahan desa. “Dengan dilantiknya 3 kades terpilih ini, berarti mereka telah memiliki tanggung jawab untuk menjalankan amanah masyarakat masing-masing, dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pemerintahan desa,” terang Ra Momon.

Lebih lanjut Ra Momon mengatakan. Ditinjau lebih jauh lagi tentang tugas kades itu pada hakekatnya memiliki tanggung jawab yang cukup berat. Karena disamping berkaitan dengan penyelenggaraan pemdes, juga sangat erat hubungannya dengan aspek pembangunan dan masyarakat. Sehingga dalam menjalankan tugas yang menjadi tanggung jawabnya, kades dituntut untuk lebih mampu mengedepankan komunikasi dan koordinasi dalam rangka membangun partisipasi warga dalam proses pembangunan desa. Selain itu, kades juga dituntut untuk mampu memberi suri tauladan bagi warga setempat.

Karena pada dasarnya kades itu merupakan figur yang dapat dijadikan sebagai tumpuan dalam menghadapi berbagai hal yang memerlukan penyelesaian. “Kades harus menjadi suri tauladan dan figur panutan bagi warganya,” kata Ra Momon.

Lebih jauh Ra Momon menjelaskan, mempertimbangkan beratnya tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada kades . Kami berharap agar kades yang saat ini dilantik, dapat menyikapi dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Baik yang terkait dengan pemahaman terhadap per undang – undangan penyelenggaraan pemdes, penguasaan potensi desa dan berbagai hal lainnya. Sehingga dengan demikian, melalui hal yang dimaksud dapat dijadikan sebagai bekal dalam menunjang pelaksanaan tugas dilapangan. Disisi lain, para kades itu perlu membangun kesadaran di lingkungan masyarakatnya dalam memelihara dan menjaga suasana aman dan kondusif didesa masing- masing. Sekaligus sebagai tanggung jawab bersama yang sifatnya saling melengkapi. Dengan demikian, upaya untuk melancarkan pemerintahan desa serta roda perekonomian masyarakat desa itu mampu diwujudkan dalam suasana kebersamaan.

” Kami percaya, dengan dukungan segenap komponen warga didesa masing – masing. Maka roda pemerintahan di Desa Sokat Dajah Kecamatan Tragah, Desa Batobella Kecamatan Geger dan Batah Timur Kecamatan Kwanyar akan berjalan sebagaimana mestinya,” pungkas Ra Momon.

Penulis : Aryan
Editor : Sohib

Email Autoresponder indonesia