Bupati Bangkalan Luncurkan Pelayanan Publik Bangkalan

705 views

Bangkalan, Maduracorner.com, Pemerintah Kabupaten Bangkalan meluncurkan Mal Pelayanan Publik, Kamis (3/9). Ini merupakan tempat pelayanan terpadu di mana semua pengurusan dokumen dilakukan di satu tempat tersebut.

Bupati Bangkalan, R. Latif Amin Imron mengatakan, pada tahap awal, ada 106 jenis layanan dalam satu tempat ini. Mulai administrasi kependudukan seperti akte kelahiran dan kematian, kartu identitas anak, KTP; beragam jenis izin, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Imigrasi, keagamana, pelayanan izin terkait kendaraan di SAMSAT, hingga pembayaran retribusi daerah.

“Jadi ini ikhtiar mewujudkan pelayanan yang lebih baik. Mal Pelayanan ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan program pelayanan yang prima dan efesien,” kata Ra Latif.

Saat ini, sambung Ra Latif, proses integrasi sistem lainnya terus dilakukan, sehingga jenis layanan pun semakin meningkat. Dalam program ini pelayanan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan baik.
“Nantinya pelayanan-pelayanan untuk masyarakat bisa lebih cepat, tepat, dan transparan,” ujarnya.

Ra Latif menambahkan, dengan mal pelayanan publik, pelayanan menjadi ringkas dan transparan. Sehingga nantinya tidak ada pungutan tidak resmi. “Kalau ada yang mewajibkan perlu retribusi daerah, bisa langsung bayar ke loket bank yang disediakan di sini,” imbuhnya.

Bupati Bangkalan itu berharap dengan diresmikannya MPP itu, bisa membawa suatu perubahan pelayanan perijinan yang terintegrasi baik dari Pemerintah Pusat, Daerah, dan Swasta dalam satu gedung, sehingga mempermudah masyarakat dalam mengurus keperluannya.

“Semoga MPP ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua terutama dalam memberikan pelayanan perizinan yang prima bagi masyarakat sekaligus sebagai stimulasi bagi pertumbuhan Industri UMKM, Memperkuat Daya Saing Global, dan Tumbuhnya Minat Investor sehingga perekonomian serta kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” paparnya.

Sekedar diketahuii, Dalam operasionalnya, MPP itu akan buka setiap hari yakni Senin hingga Jumat mulai pukul 07.00-15.00 WIB. Lokasinya berada di lantai 3 Bangkalan Plaza. (Ris)

Email Autoresponder indonesia