Bupati Bangkalan Meminta Pengusaha Bayar Pekerja Sesuai UMK

646 views

Pengusaha Penuhi UMK   |    Oleh : Aryan

 

Bupati Bangkalan, R.K.Muhammad Makmun Ibnu Fuad foto bersama dengan peserta pelatihan-foto : Aryan/MC.com

Bupati Bangkalan, R.K.Muhammad Makmun Ibnu Fuad foto bersama dengan peserta pelatihan-foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan-Bupati Bangkalan,R.K.Muhammad Makmun Ibnu Fuad meminta kepada pengusaha di kabupaten Bangkalan agar membayar tenaga kerja  sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bangkalan sebesar Rp.983.300/bulan. Ketentuan “Saya harap para pengusaha di Kabupaten Bangkalan ini bisa penuhi ketentuan UMK 2013 sebesar Rp. 983. 300/bulan,’ kata Bupati yang akrab dipanggil Ra Momon
keapad 100 orang pengusaha dalam acara silaturahmi Bupati Bangkalan dengan para  pengusaha dan pembukaan pendidikan dan latihan (diklat) keterampilan bagi pencari kerja tahun anggaran 2013 di kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsos Nakertrans) Kabupaten Bangkalan. Rabu (22/5).

Tidak hanya itu, kata Ra Momon, ptapi engusaha juga dihimbau untuk melindungi tenaganya dengan mengikutsertakan mereka pada jaminan asuransi tenaga kerja (jamsostek). Karena pada prinsip nya antara pengusaha dengan pekerja itu sifatnya simbiose mutualistis atau saling membutuhkan. Sehingga perlu adanya saling pengertian agar tidak terjadi gejolak atau protes dan unjuk rasa seperti di daerah lain.

“Maka dari itu saya minta antara pengusaha dengan pekerja bisa menjadi mitra yang baik atau patner yang saling menguntungkan,” ujar Bupati termuda di Indonesia itu.

Kepala Disnakertrans Bangkalan, Siswo Irianto mengatakan pada diklat keterampilan pencari tenaga kerja tahun anggaran 2013 ini diikuti 35 orang peserta. Mereka akan dilatih bidang keakhlian menjahit, membordir, otomotif, las, kelistrikan dan komputer. “Alhamdulillah lulusan diklat Disnaker trans tahun lalu sudah banyak yang menjadi pekerja mandiri dan 6 orang diantaranya sudah ada yang diterima di perusahaan galangan kapal Adiluhung,” pungkas Siswo. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia