Bupati Bangkalan Puji Pelaksanaan Pilkades Batobella

535 views

Bangkalan,Maduracorner.com – Bupati Bangkalan Muhammad Makmun Ibnu Fuad memuji pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) Desa Batobella Kecamatan Geger berada sekitar 200 meter diatas ketinggian laut, pelaksanannya berjalan aman, tertib dan lancar. “Saya sangat mmengapresiasi pelaksanaan pilkades Batobella yang berjalan aman dan tertib,” ujar Bupati Bangkalan yang akrba disapa Ra Momon, Rabu, (17/12/2014).

Lebih lanjut Ra Momon mengatakan, antusiasme masyarakat desa dalam menghadiri dan mengkuti pelaksanaan pelaksanaan pilkades pada saat ini. Merupakan indikator bahwa tingkat kesadaran demokrasi masyarakat masih tinggi. Oleh karena itu semangat Partisipasi segenap komponen warga itu perlu ditumbuh kembangkan. “Partisipasi segenap komponen warga ini perlu ditumbuh kembangkan,” terang Ra Momon.

Satu hal yang perlu dipahami, kata Ra Momon, pilkades yang di laksanakan hari ini. Pada dasarnya adalah untuk mewujudkan kedewasaan demokrasi masyarakat desa. Hal ini berarti bahwa dalam penyelenggaraan pilkades, warga dapat belajar bagaimana tata cara memilih pemimpin yang dipilih secara demokratis melalui satu proses pemilihan yang jujur, adil, bebas dan rahasia. Terkait dengan hal tersebut diatas, sebagai konsekwensi apabila nantinya salah seorang calon kepala desa (cakades) yang saat ini sedang berkompetisi secara sehat, terpilih. Maka seluruh cakades dan seluruh warga yang telah menyampaikan aspirasinya harus dapat menerima dengan penuh ihlas dan mendukung kepala desa (kades) terpilih. Selanjut nya segala perbedaan dan persaingan yang berlangsung selama pelaksanaan pilkades. Hanya terjadi pada saat pelaksanaan pilkades saja dan tidak terbawa pada proses penyelenggaraan pemerintahan desa dimasa mendatang. “Seandainya salah seorang cakades yang saat ini sedang berkompetisi, terpilih. Maka seluruh cakades dan seluruh warga yang telah menyampaikan aspirasinya harus dapat menerima dengan penuh ihlas dan mendukung kades terpilih,” pinta Ra Momon.

Sementara itu Camat Geger, Agus Eka Leandy, mengatakan jumlah masyarakat yang mempunyai hak suara pada pilkades Batobella kali ini, sebanyak 2.628 warga. Berasal dari
Dusun Langleber, Dusun Perkoning 1, Dusun Perkoning 2, Dusun Dengarah, Dusun Cangkreng, Dusun Lo’Polok dan Dusun Kelompang.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pilkades Desa Batobella diikuti 3 kandidat yang mencalonkan diri sebagai kades Batobella. Antara lain, H.Ismar dengan simbul Nanas, Muksin dengan lambang Jambu mente dan Abdulloh dengan tanda gambar mangga. “Hasil penghitungan suara yang berakhir pukul 17.00, H.Ismar dengan tanda gambar nanas, terpilih sebagai calon kades Batobella. Setelah berhasil mengumpulkan suara terbesar yakni sebanyak 996 suara,” pungkas Agus.

Penulis : Aryan
Editor : Sohib

Email Autoresponder indonesia