Bupati Lepas Ribuan Santri Sidogiri Asal Bangkalan

511 views

Maduracorner.com, Bangkalan, Sebanyak 1.400 santri Pondok Pesantren Sidogiri asal Kabupaten Bangkalan kembali ke Pesantren dengan cara terapkan protokol kesehatan.

Dalam rangka menghindari kerumunan dan menerapkan sosial distancing, kembalian ribuan santri Sidogiri itu dibagi tiga tahapan pemberangkatan.

“Tahapan Pertama kembali hari ini, tahapan kedua tanggal 15 Juli, sedangkan tahapan ketiga nanti pada tanggal 22 Juli 2020,” ujar Bupati Bangkalan, R. Abdul Latif Amin Imron, kepada sejumlah awak media usai memberangkatkan Santri di Terminal Bangkalan, Rabu (1/7/2020).

Ra Latif Bupati Bangkalan mengatakan, sesuai dengan terjadinya bencana nonalam yang mengakibatkan kembalinya santri harus mengikuti protokol kesehatan.

“Sehingga kami menyediakan transportasi, masker, vitamin dan alat pencegahan Covid-19 lainnya, sesuai dengan jumlah santri yang kembali ke pondok,” imbuhnya.

Tidak hanya itu kata Ra Latif, terlepas dari itu, santri yang kembali ke Ponpes sudah dilengkapi dengan surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas terkedat.

Sementara itu, Mohammad Ali Ghafir ketua alumni pondok pesantren Sodogiri mengatakan, jumlah santri yang kembali hari ini sebanyak 350 santri. Aslinya, data yang ada sekitar 400 lebih yang akan kembali hari ini, namun ada yang tidak kembali karna sakit.

“Jumlah yang tidak ikut hari ini dari data yang masuk sekitar 30 an karna sakit dan sebagainya,” katanya.

Menurut Ali Ghafir, untuk yang tidak ikut hari ini akan diberangkatkan nanti di gelombang kedua, karna berkaitan dengan isolasi mandiri dirumahnya masing-masing.

Ali Ghafir melanjutkan, untuk kembalinya santri ini sesuai dengan jenjang kelas di Pondok. Menurutnya, yang kembali hari ini tingkatan Aliah ke atas, lalu untuk tingkatan ibtidak dan tsanawiyah itu tanggal 15 atau gelombang kedua.

“dan untuk tingkatan yang paling bawah itu nanti di gelombang ketiga tanggal 22 Juli 2020,” pungkasnya.(ris/tkn).

Email Autoresponder indonesia