Bupati Momon Minta Anggota BPD Ikut Awasi ADD

994 views

17 Ketua BPD di Dua Kecamatan Di Lantik    | oleh : A.Shohib

Bupati Bangkalan RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad saat melantik anggota BPD-Foto : A.Shohib/MC.com

Bupati Bangkalan RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad saat melantik anggota BPD-Foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Bupati Bangkalan RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad meminta kepada Badan permusyrawatan Desa (BPD) ikut berperan aktif didalam mengawasai pengelolaan keuangan Alokasi Dana Desa (ADD). “Jadi BPD dan Kades mengawasi pengelolaan keuangan ADD, agar ADD ini dapat di pertangung jawabkankan,” kata Bupati Bangkalan yang akrab di Ra Momon saat melantik 16 Ketua, Wakil ketua, Sekretaris BPD periode 2013-2019 se- kecamatan Bangkalan dan Kecamatan Burneh, Senin (26/08).

Dikatakan Ra Momon, BPD yang telah dilantik ini adalah wakil masyarakat desa,  dan anggota BPD ini harus menampung aspirasi masyarakat desa serta mampu berperan aktif di masyarakat. “Anggota BPD ini juga mempunyai kewenangan membuata rancangan peraturan desa, mengawasi, mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian kades, serta menyusun tata tertib BPD,” jelasnya.

Namun kata Ra Momon, anggota BPD hendaknya tidak terlalu berlebihan, akan tapi tetap mengacu kepada peraturan dan perundangan yang berlaku. “Makanya anggota BPD harus dapat membangun komunikasi yang sinergi dengan Kades dan masyarakat untuk rwujudkan kemandirian desa,” katanya.

Kepala Bapemmas dan Pemdes, Roosli S Hariyono, menjelaskan, pelantikan anggota BPD di dua kecamatan ini, akan diikuti pelantikan anggota BPD yang lainnya. “Pelantikan BPD ini akan terus kami lakukan hingga pembentukan semua BPD di 281 desa tuntas,” kata Nono panggilan akrabnya Roosli S Hariyono.

Dijhelaskan Nono, untuk BPD yang dilantik di kecamatan kota Bangkalan adalah BPD Desa Kramat, BPD Desa Ujung Piring, BPD Sembilangan, BPD Martajesah, dan BPD Desa Sabiyan. Sedangkan di kecamatan Burneh ada 11 BPD diantaranya  desa Burneh  desa Benangkah, desa Langkap, Desa Alaskembang, desa Arok, desa Kapor, desa Sobih, desa  Pangolangan, desa Binoh, desa Perreng dan desa Jambu. (min).

 

Email Autoresponder indonesia