Bupati Santuni Korban Angin Puting Beliung

466 views

95 Korban Puting Beliung Dibantu I Oleh : Teguh S

Maduracorner.com,Sumenep – Sedikitnya  95 korban angin puting beliung yang rumahnya rusak beberapa hari lalu di Desa Talang, dan Desa Juluk Kecamatan Saronggi mendapat bantuan dari Bupati Sumenep, A Busro Karim.
Besarannya bantuan terhadap korban angin puting Beliun itu disesuaikan dengan tingkat kerusakannya.

Bupati Sumenep berharap kepada masyarakat yang terkena bencana angin puting beliung untuk bersabar terhadap takdir yang Allah SWT berikan. Dan kepada masyarakat yang lain, agar tidak melupakan budaya gotong royong dalam memperbaiki kerusakan yang ada. “Bukankah inti dari ajaran agama kita (islam, red), adalah gotong royong yang juga masuk dalam prinsip bernegara untuk melaksanakan gotong-royong,” terang A.Busro Karim di Balai Desa Juluk, Selasa (4/3)

Dikatakan Busro Karim, sebagai sesama saudara tetangga, apalagi seagama memiliki kewajiban untuk membantu saudaranya yang terkena musibah. Dan merupakan kewajiban pemerintah juga untuk membantu.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep. Koesman Hadie,  menjelaskan, bantuan dana bagi korban angin puting beliung tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam meringankan beban para korban bencana. “Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada mereka yang terkena musibah,” katanya.

Bantuan itu diberikan kepada 95 Kepala Keluarga (KK) di 2 Desa dengan rinciannya, untuk Desa Juluk sebanyak 62 KK terdiri dari 1 rumah rusak total, 2 dapur rusak total, 1 rumah rusak berat, 2 rumah rusak sedang, dan 56 rumah rusak ringan. Di Desa Talang, dari 33 rumah, 3 rumah rusak berat, 2 rumah rusak sedang dan 28 rumah rusak ringan.

“Untuk bantuan keuangan bagi rumah rusak total sebesar Rp 3 juta, rusak berat Rp 2 juta, dapur rusak total Rp 2 juta, rumah rusak sedang Rp 1 juta, rumah rusak ringan Rp. 225 ribu,”pungkassnya. (tgh/shb)