Bupati Terpilih, Ra Momon Belajar Jadi Inspektur Upacara

533 views

Magang Bupati | oleh. A.Shohib

Ra Momon Saat belajar jadi Inspektur Upacara. Foto : MC.com/Istimewa

Ra Momon Saat belajar jadi Inspektur Upacara. Foto : MC.com/Istimewa

Maduracorner.com,Bangkalan- Senin (21/01), merupakan hari pertama nagi Bupati Bangkalan terpilih, H Mohammad Makmun Ibnu Fuad (Ra Momon) dan Wakil Bupati terpilih, Ir Mondir A Rofii (Ra Mondir) menjalani magang bupati di kantor Bupati Bangkalan, di jalan Soekarno-Hatta.

Pukul 07.00 wib, pasangan Bupati dan wakil bupati terpilih mengikuti acara apel pengawai dilingkungan pemkab Bangkalan yang rutin dilakukan setiap hari Senin, setelah apel yang dipimpin oleh Sekdakab Bangkalan, Sad Saiful Djamal selesai, Bupati bangkalan, teripilih Ra Momon diberi kesempatan untuk latihan menjadi inspektur upacara, begitu juga dengan wakil Bupati, ra Mondir diberi kesempatan untuk menjadi Inspektur upacara.

Setelah selesai latihan menjadi inspektur upacara, Bupati dan wakil bupati terpilih kemudian mengikuti acara Rapat koordinasi (rakor) dengan para Kepala satuan Perangkat kerja Daerah (SKPD) rutin setiap hari Senin. Dalam rakor tersebut, ra Momon diberi kesempatakan untuk memberikan kata sambutan.

Usai rakor dengan pimpinan SKPD, Bupati dan wakil bupati terpilih melihat kantor bagian di Setkab Bangkalan, dimulai dari kantor bagian umum dilanjutkan ke kantor bagian-bagian lainnya dan kunjungan di kantor setkab itu di akhiri di ruang Sekdakab Bangkalan.

Di ruangan Sekda, Bupati terpilih dihadapan para asisten, ra Momon memaparkan visi dan misinya. ”Visi kami yaitu terwujudnya bangkalan yang makmur, mandiri dan agamis,” kata Ra Momon.

Selain visi lanjutnya, ada beberapa program yang akan dilaksanakan nanti setelah dirinya resmi dilantik menjadi Bupati bangkalan. “Program  kami itu ada 6, yaitu program peningkatan derajat kesehatan dan pendidikan, meningkatk derajat ekonomi masyarakat , memelihara budaya yang agamis, reformasi birokrasi, memberdayakan masyarakat pedesaan dan peningkatan produksifitas pertanian, sumber daya alam dan lingkungan hidup,” katanya.

Dalam masalah program kesehatan gratis kata Ra Momon, sekarang sudah ada jamkesmas dan jamkesda serta SPM. “semua itu kita tujukan untuk masyrakat miskin, pemerintahan sekarang sudah melayani 60 persen dalam kesehatan, nanti kurangnya 40 persen akan saya lanjutkan,” tuturnya.

Selama magang satu hari di kantor pemkab Bangkalan, bupati terpilih Ra Momon mengaku masih grogi. “Ya masih grogi-lah, ini kan hari pertama saya magang bupati,” pungkas Ra Momon. (min).