Caleg Dilarang ‘Narsis’ Di Baliho

650 views

 

Revisi PKPU Tentang Pedoman Kampanye | oleh : Agus
Madurcorner.com, Bangkalan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali merilis peraturan baru, yaitu perubahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2013 tentang perubahan pertama atas PKPU Nomor 1 Tahun 2013 mengenai Pedoman Pelaksanaan Kampanye.

Ketua KPU kabupaten Bangkalan, Fauzan Ja’far melalui Sekretaris setempat, Rizal Efendi mengatakan bahwa dalam PKPU yang baru itu juga mengatur pembatasan alat peraga kampanye, di mana  jenis baliho hanya bisa dipasang oleh partai politik (parpol) peserta pemilu.

“Berdasarkan aturan terbaru caleg tidak diperbolehkan memasang baliho yang memuat foto calon yang bersangkutan,” ungkap Rizal Efendi.

Menurutnya, dalam PKPU ini, terjadi perubahan yang signifikan dari aturan pemilu sebelumnya. Pemasangan baliho hanya khusus diperkenankan untuk memuat lambang partai dan visi-misi.

Dalam aturan tersebut, kata Rizal, juga diatur mengenai model alat hingga zonasi alat peraga kampanye para calon legislatif. Meski tidak memperbolehkan ada foto diri caleg di baliho, bagi yang tetap berniat memasang fotonya dapat dilakukan lewat media spanduk.

“Untuk spanduk dan stiker masih boleh dipasangi gambar caleg atas nama pribadi,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Panwaslu Kabupaten Bengkalan Fajar Hariyanto saat dikonfirmasi melalu telepon selulernya terkait mengatakan bahwa sebagai lembaga rekomender panwaslu hanya sebatas memberi rekomendasi kepada pemerintan kabupaten.

“Kami Panwaslu Kabupaten hanya sebatas memberikan rekomendasi kepada pemkab ataupun KPU atas terjadinya pelanggaran-pelanggaran pemilu ataupun pelanggaran terhadap peraturan-peraturan pemilu. Karena kami memang lembaga rekomender,” jelas Fajar.

Ditanya soal zona-zona pemasangan alat peraga para calon legeslatif, Fajar mangaku, “Kami sedang melakukan koordinasi dengan KPU dan instansi terkait,” pungkas Fajar. (gus/krs)

Email Autoresponder indonesia