Calon Bupati Disandra Massa Saat Berkampanye

621 views

Tampak warga saat bentrok dengan aparat yang diperagakan dalam simulasi pengamanan pilkada-Foto: Amin Sohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Salah seorang calon Bupati bangkalan yang tengah melakukan kampanye di Sandra oleh sekelompok massa yang kontra terhadap calon Bupati tersebut, beruntung penyandaraan itu berhasil digagalkan oleh tim pengamanan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati. Drama penyandraan calon bupati itu ditampilkan dalam acara simulasi pengamanan Pilkada yang digelar di alun-alun kota Bangkalan, Kamis (11/10).

Dalam simulasi yang melibatkan 650 orang personel itu, juga ditampilkan adanya 10 ribu orang massa yang tidak puas terhadap hasail pilkada. Ribuan massa itu ngeluruk ke kantor KPUD bangkalan. Dalam sesi ini terjadi bentrok antara massa yang tidak puas dengan aparat.

simulasi itu juga memperagakan adanya aksi anarkis massa paska pilkada. Dimana massa yang tidak puas dengan hasil pilkada itu merusak pertokoan dan melakukan penjarahan, tak pelak dalam pengamanan yang dilakukan terjadi bentrok antara massa dengan aparat.

Kapolres Bnagkalan, AKBP Endar Priantoro menjelaskan, operasi simulasi dengan sandi mantap praja cakra bangkalan tahun 2012 ini dilakukan untuk memberikan skill kepada anggota polres Bangkalan dalam melakukan pengamanan Pilkada nanti. “Tujuan simulasi ini untuk memberikan skil kepada anggota, dan jika nanti pada saat pemilukada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, anggota kit asudah siap,” kata Endar Priantoro.

Dijelaskan Endar, dalam simulasi yang dilakukan itu, pihkanya memang mengambil situasi terjelek, meskipun dalam pelaksanaan nanti tetap aman dan lancer. “Setiap pelatihan kita asumsikan yang paling jelek, karena ini untuk melatih anggota kita,” paparnya.

Lebih lanjut Endar Priantoro menjelaskan, simulasi ini juga untuk mengecek kesiapan aparat polres Bangkalan didalam melakukan pengamanan Pilkada nanti. “Dengan ops simulasi ini, kita tahu kesiapan kita didalam melaksanakan tugas mengamankan pilkada,” paparnya.

Simulasi pengamanan pilkada yang digelar di alun-alun kota Bangkalan itu menjadi tontotan menarik sekaligus gratis bagi warga Bangkalan yang kebetulan melinats di jalan tersebut. (min).

Email Autoresponder indonesia