Cara Mendeteksi Kanker Payudara

886 views

4-20120H61154354J

Bangkalan, Maduracorner.com – Kanker payudara adalah salah satu jenis tumor ganas yang paling umum ditemukan, WHO (World Health Organization) menjadikan kanker payudara sebagai “pembunuh nomor satu” yang mengancam kesehatan kaum wanita.

Pemeriksaan payudara sendiri

1. Memeriksakan diri di depan kaca

Berdiri tegak di depan cermin, letakkan kedua tangan secara alami di kedua sisi tubuh anda, dari cermin perhatikanlah kesimetrisan kedua payudara anda, lihatlah apakah ada kulit payudara yang tidak normal.

2. Pemeriksaan dengan posisi berbaring

Berbaringlah di atas tempat tidur, fokuskan perhatian anda pada puting payudara anda, gunakan jari untuk meraba searah jarum jam. Saat melakukan pemeriksaan gunakan tenaga yang merata, gunakan tangan, tekan sampai menyentuh bagian tulang iga. Jika anda menemukan kelenjar, benjolan, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan ke rumah sakit.

3. Memijat ringan puting

Menggunakan telunjuk dan jari tengah, pijat ringan daerah puting, perhatikan apakah puting mengeluarkan cairan, jika mengeluarkan cairan, perhatikan warna dari cairan tersebut, dan segeralah melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Cara mendiagnosa kanker payudara

(1) Melakukan pemeriksaan ke dokter: Ini adalah salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara. Melalui perabaan, dokter ahli yang berpengalaman dapat menemukan ada tidaknya benjolan, tekstur benjolan, ukuran dan pergerakan benjolan tersebut.

(2) Pemeriksaan USG: USG merupakan salah satu cara penting dalam pemeriksaan kanker payudara. Pemeriksaan USG dapat melihat bentuk, sifat, ukuran, dan lokasi benjolan, dan dapat menjadi dasar dalam penentuan ganas atau tidaknya benjolan tersebut.

(3) Metode pemeriksaan biokimia dan imunologi: Melalui deteksi kuantitatif metode biokimia dan imunologi kuantitatif, dapat meningkatkan nilai pendiagnosaan kanker payudara.

(4) Pemeriksaan Mamografi dan X-Ray: Pemeriksaan tersebut merupakan metode pemeriksaan yang umum digunakan. Gambar dari hasil pemeriksaan terlihat sangat rinci, tetapi pemeriksaan ini kurang bisa mendeteksi tumor dengan ukuran kecil.

(5) PET Scan dan CT Scan: Merupakan program skrinning kanker payudara yang paling canggih, nyaman, dan akurat saat ini. Mendeteksi kanker dengan resolusi dan sensitivitas yang tinggi, termasuk lesi dengan ukuran sedang sampai kecil dan mendeteksi lesi yang berpotensi menjadi kanker, serta merupakan cara yang tepat dalam menentukan stadium.

(6) Biopsi: Walaupun saat ini sudah banyak metode pemeriksaan baru dalam mendeteksi kanker payudara, namun sejauh ini pemeriksaan biopsi masih menjadi satu-satunya pemeriksaan yang dapat dijadikan dasar dalam pendiagnosaan. Jenis-jenis permeriksaan di atas masih belum dapat membedakan antara benjolan tumor atau abses, yang secara tidak langsung masih memerlukan biopsi untuk memperjelas sifat dari diagnosa.

Para ahli onkologi dari Modern Cancer Hospital GuangZhou menghimbau : Jika anda mengalami gejala-gejala yang tidak biasa pada payudara anda, segeralah melakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit terdekat.

By : Jiddan

Email Autoresponder indonesia