Catat! Warga Miskin di Bangkalan Akan Terima Bantuan Tunai

3914 views

Bangkalan, Maduracorner.com – Pemerintah Kabupaten Bangkalan ditengah darurat Pandemi Covid-19 terus melakukan rapat koordinasi menindak lanjuti intruksi pemerintah pusat tentang Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga Desa yang terdampak Covid-19 di ruang Diponegoro Pemkab setempat, Senin, (20/4/20).

Rapat koordinasi tersebut melibatkan perwakilan Kepala Desa dari 18 Kecamatan dan Camat se-Kabupaten Bangkalan beserta Dinas PMD setempat.

Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron menyampaikan bantuan langsung tunai itu anggarannya diambil dari Dana Desa (DD).

“Dari masing-masing Desa menganggarkan sesuai jumlah Dana Desa yang diperolah setiap Desa. Maksimal 35% sesuai kemampuan dana desa,” terangnya.

Menurut Ra Latif, kriteria penerima BLT adalah masyarakat yang tidak mampu dan kehilangan usahanya akibat wabah pandemi Covid-19.

“Dan masyarakat yang tidak termasuk dalam DTKS atau sedang penerima Bantuan PKH dan BPNT,” jelasnya.

Sementara itu, Ra Latif juga menjelaskan warga penerima manfaat akan menerima bantuan BLT sebesar Rp. 600 ribu selama 3 bulan.

Ia juga mengatakan perihal teknis pendataan bantuan. Menurut Ra Latif penerima manfaat akan didata oleh pemerintah Desa melalui BPD dan relawan covid-19 dari masing-masing Desa.

“Setelah penerima terdata semua maka pemerintah tingkat kecamatan memvalidasi kemudian disetorkan ke Pemerintah Daerah untuk dilakukan verifikasi,” pungkasnya.(tkn/ris).

Email Autoresponder indonesia