Catatan Pildun 2014 (Bagian 7): Miroslav Klose, The Super Scorer in World Cup!

Miroslav Klose, Striker Timnas Jerman (foto goal.com)

Miroslav Klose, Striker Timnas Jerman (foto goal.com)


Pencetak Gol Terbanyak Lampaui Rekor Ronaldo | Oleh Mamad el Shaarawy

maduracorner.com, Bangkalan – Momen yang ditunggu itu akhirnya datang juga. Ya, momen pecahnya rekor 15 gol milik Ronaldo Nazario da Lima akhirnya dilampaui Miroslav Klose. Rekor striker Timnas Brazil ini pecah setelah sang striker Timnas Jerman keturunan tersebut mencetak sebiji gol saat Jerman membantai Brazil dengan skor 7-1 di babak semifinal Piala Dunia 2014.
 
Pemain bernomer punggung 11 ini akrab dengan gaya bersalto saat melakukan selebrasi gol. Namun kala menghabisi Brazil, ia tak melakukkannya. Padahal itu adalah momen hebat bagi dirinya. Selain membantu Der Panzer mengalahkan tim tuan rumah, momen itu merupakan penasbihan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak di ajang piala dunia. Tapi dia tidak melakukannya. Mungkin salah satu pemikirannya adalah sebagai bentuk menghormati supporter tuan rumah yang sedang berduka karena tim pujaannya kalah.

Bagaimana striker yang menciptakan 7 gol untuk Lazio musim lalu ini memulai karirnya di Timnas Jerman? Klose menapaki debutnya sebagai ujung tombak Nationalmannschafttahun 2001 lalu yang langsung menyumbangkan 1 gol saat itu. Dan hingga laga final Piala Dunia 2014 (14/7), ia sudah mencapai caps 137 kali bersama Die Adler dengan raihan 77 gol. Luar biasa!

 
Sementara untuk debutnya di ajang piala dunia di mulai tahun 2002 di Jepang – Korsel. Saat itu ia langsung mencetak 5 gol, 3 diantaranya merupakan catatan hattrick saat Jerman menggelontor Timnas Arab Saudi dengan 8 gol. Empat tahu berselang kala piala dunia digelar di bumi Bavarian, Klose kembali menyumbangkan 5 gol. Sementara di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, dia ‘hanya’ bisa mencetak 4 gol.

Saat itu orang berpikir, rekor 15 gol yang dicetak Ronaldo tidak mungkin tersentuh termasuk oleh Klose sekalipun. Apalagi kalau bukan factor usia sang striker yang sudah menua saat itu yakni 32 tahun. Rasanya butuh keajaiban untuk Klose bisa tampil lagi di piala dunia 4 tahun berikutnya.

Dan keajaiban itu datang juga. Klose tetap dimasukkan sebagai bagian dari skuad Jerman ke Piala Dunia 2014 Brazil oleh sang pelatih Joachim Loew. Perjudian Loew membawa Klose dengan usia 36 tahun terbukti. Klose pun mencetak 2 gol pada ajang FIFA World Cup tahun ini. Yaitu menyumbangkan 1 gol masing-masing kala Jerman ditahan imbang Ghana dengan skor 2-2 dan saat Jerman menggebuk Brazil 7-1. 

Saat mencetak gol kontra Ghana, Klose menyamai rekor Ronaldo dengan 15 gol. Ia pun resmi sebagai pencetak gol terbanyak di ajang piala dunia saat bersua Brazil. Usai laga, ia hanya bisa tersenyum bangga dengan mata berburai air mata. Sebuah pencapaian gemilang dalam karirnya selama bermain di 4 kali ajang piala dunia! Dan tahun ini memang sangat gemilang bagi dirinya. Pencapaian individu dibarengi prestasi luar biasa bersama tim nasional negaranya, Jerman juara piala dunia untuk keempat kalinya. (bersambung ke bagian 8, mad)

 
Berikut 10 Besar Pencetak Gol Terbanyak di Ajang Piala Dunia:
1.      Miroslav Klose (Jerman, 16 gol)
2.      Ronaldo (Brazil, 15 gol)
3.      Gerd Mueller (Jerman, 14 gol)
4.      Just Fontaine (Perancis, 13 gol)
5.      Pele (Brazil, 12 gol)
6.      Sandor Koscic (Hungaria, 11 gol)
7.      Jurgen Klinsmann (Jerman, 11 gol)
8.      Helmut Rahn (Jerman, 10 gol)
9.      Garry Lineker (Inggris, 10 gol)
10. Gabriel Oumar Batistuta (Argentina, 10 gol)

 

Email Autoresponder indonesia