Cegah Abrasi, TNI dan Warga Tanam Mangrove di Pesisir Pantai

image

TNI dan Warga Tanam Mangrove di Pesisir Pantai

Pamekasan, Maduracorner.com – Anggota TNI Kodim 0826 Pamekasan bersama  organisasi kepemudaan dan masyarakat melakukan penanaman mangrove, Sabtu (26/9/2015) pagi.

Penanaman mangrove yang dilakukan di Desa Tlakan Kecamatan Tlanakan  dihadiri oleh forum pimpinan daerah (Forfimda) Kabupaten Pamekasan dan sejumlah perwakilan dari dinas terkait.

Dandim 0826 Pamekasan, Letkol. Arm. Mawardi mengungkapkan, penanaman mangrove tersebut untuk memelihara biota laut dan mencegah abrasi di bibir pantasi akibat terjangan ombak.

“Hutan mangrove sangat bermanfaat bagi penduduk Indonesia yang mencapai 50 % tinggal di daerah pesisir pantai,” kata Mawardi dalam sambutannya.

Sehingga dia juga meminta kepada semua anggota komando rayon militer (koramil) yang berada di wilayah pesisir pantai untuk melakukan penghijauan dan penanaman mangrove.

“Koramil yang berada di dekat pantai harus bisa mengadakan penghijauan pantai,” sambung Mawardi.

Pantauan di lokasi, akibat air di pantai branta sedang pasang, penanaman hanya dilakukan secara simbolis dan penanaman dilanjutkan  oleh muspika kecamatan Tlanakan pukul 15.00 WIB.

Penulis : Fatahillah Kamali.          Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia