Cegah Difteri, Ratusan Anak TK Diberi Vaksin

778 views

Vaksin Difteri | oleh Didien

Cegah Difteri, Ratusan Anak TK diberi Vaksin-Foto: Didien/MC.com

Maduracorner.com, Bangkalan– untuk mencegah penyebaran penyakit Difteri, sedikitnya 210 anak TK Siti Khotijah Bangkalan di suntik vaksin Difteri. Pemberian vaksin Defteri yang dilakukan sejak minggu lalu itu terus diberikan kepada sejumlah sekolah TK maupun SD yang masih berusia di bawah 10 tahun. “Memang dalam pemberian vaksin Defteri ini, ada beberapa anak yang merasa tertekan, hal itu akibat mereka belum memahami arti vaksin difteri ini,” kata  kepala puskesmas kota bangkalan, Anastasya, disela-sela pemberian vaksin Defteri, Selasa (20/11).

Sementara itu, Kepala TK siti Khotijah Bangkalan, Nur Jihadiyah menjelaskan, pemberian vaksin Defteri kepada siswa TK itu untuk mencegah terjangkitnya siswa TK Siti Khotijah dari penyakit tersebut. “Kita adakan vaksinasi bagi anak TK ini untuk mencegah penyakit Difteri,” kata Nur Jihadiyah.

Penyakit yang disebabkan menjangkitnya virus corynebacterium Diphtheriae ini, bisa menular melalui pernafasan anak yang terinfeksi virus Difteri maupun melalui handuk yang terkontaminasi virus. Gejala  awal penyakit ini, adalah sakit tenggorokan, demam tinggi,  sulit bernafas dan keluar lendir dari mulut dan hidung. anak yang mengalami gejala seperti di atas segera dibawa ke dokter, karena kuatir sudah terjangkit penyakit Difteri yang tergolong mematikan, jika terlambat ditangani. (din/min).

Email Autoresponder indonesia