Cegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN UTM Semprot Disinfektan dan Bagi Masker di Desa Soket Laok

Bangkalan, Maduracorner.com, Seiring dengan terus menyebar luasnya virus COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan virus Corona membuat sejumlah pasien positif Virus Corona di Kabuapaten Bangkalan menjadi semakin meningkat. Kejadian tersebut tentu saja membuat masyarakat semakin diliputi rasa was-was dan khawatir.

Dengan kejadian tersebut menjadikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tahun 2020 Universitas Trunojo Madura pada tahun ini berbeda pelaksanaannya dengan tahun-tahun sebelummya. Namun, KKN tahun 2020 ini melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dan Pembagian masker di Desa Soket laok.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertemakan “KKN TEMATIK SATGAS COVID-19” yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Desa Soket Laok.

Khoiruddin, Mahasiswa Fakultas Hukum
UTM yang KKN didesa Soket Laok itu mengatakan, hal yang paling umum dilakukan di KKN Tematik Covid-19 ini adalah melakukan penyemprotan serta pembagian masker dan memberikan edukasi
tentang covid-19 untuk masyarakat sekitar. 

“Dengan adanya penyemprotan disinfektan ini bisa mengurangi atau mencegah menular virus corona di Desa Soket laok, seperti yang sudah kita ketahui dari data gugus covid-19 Kabupaten Bangkalan, Kecamatan Tragah ini termasuk zona merah. Sehingga mahasiswa KKN UTM ini melakukan penyuluhan dengan rumah-rumah warga dan sesuai dengan protap yang ada,”ujarnya.

Hal Senada juga disampaikan Hendra Risqi, Mahasiswa asal Desa Jenteh, Kecamatan Kwanyar itu mengatakan
Tidak hanya penyemprotan disinfektan saja yang kami lakukan selama pengabdian KKN.

“Kami juga membagikan masker dan mengedukasi masyarakat agar mematahui protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh Pemerintah, kami berharap tidak ada gelombang kedua.” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Soket Laok Imron menyampaikan, agar mahasiswa KKN untuk selalu mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya memakai masker di masa pandemi seperti ini. Untuk selalu menggunakan masker ketika keluar rumah dapat membantu pencegahan penyebaran virus.

“Dengan adanya mahasiswa KKN di didesa kami sangat membantu Pemerintah Desa Soket Laok guna mengurangi penularan COVID-19, sehingga masyarakat selalu tetap mematuhi aturan dari pemerintah dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan agar pandemi COVID-19 dapat segera berakhir,”pungkasnya.

Sekedar diketahui, jumlah pasien positif Covid-19 Kecamatan Tragah per 17 Juli 2020 menjadi 4 orang, PDP 6 orang dan ODP 208. Sedangkan total pasien covid-19 keselurahan dari 18 Desa SeKabupaten Bangkalan bertambah menjadi 300 orang. (Seratus sepuluh orang dinyatakan sembuh dan empat puluh tiga dinyatakan meninggal). (Ris)

Email Autoresponder indonesia