Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Kranggan Timur Bentuk Relawan

Bangkalan, Maduracorner.com – Merebaknya penyebaran Virus Corona atau Covid-19 membuat kalangan masyarakat menjadi waspada.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu Pemerintah Desa (Pemdes)Kranggan Timur Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Pada (23/4/2020).

Kepala Desa Kranggan Timur Jauhari mengatakan, sesuai arahan Pemerintah, pihaknya membentuk relawan desa yang melibatkan, BPD tokoh masyarakat dan pemuda desa.

“Kita berinisiatif, mengadakan rapat dengan para tokoh masyarakat hasil rapat kita bentuk relawan untuk mencegah mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Jauhari juga menyampaikan, salah satu langkah yang akan dilakukan adalah mengadakan Pokso Covid-19. Nantinya akan melibatkan peran aktif para pemuda desa dalam mengawasi aktifitas warga yang keluar masuk Desa.

“Kita hanya mengawasi saja, yang kita jaga adalah mobilisasi orang yang berkumpul dalam jumlah banyak, terutama warga yang datang dari perantauan untuk didata. Disamping itu juga kita akan fasilitasi pembagian masker,” terang Kepala Desa Kranggan Timur itu.

Sememtara itu, Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bangkalan Hatta Kunaifi mengatakan, tidak hanya sekedar mengawasi, relawan ini juga nantinya akan membantu pemerintah desa dalam mengedukasi masyarakat.

“Kita akan berusaha untuk mengedukasi, anjuran untuk tetap menjaga kebersihan, rajin cuci tangan, jaga pola makan, menjalani pola hidup yang bersih dan sehat serta jangan keluar rumah bila tidak terlalu mendesak agar kita bisa memutus mata rantai penyebaran covid -19,”terang Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hatta Kunaifi menghimbau, kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat mengawasi dan mengawal posko gugus tugas Covid-19 di desanya masing-masing.

“Dalam penanganan Virus Corona ini, mari kita berbuat walau sekecil apapun karena ini untuk kebaikan kita bersama,”tandasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia