Ciptakan Kedaulatan Pangan, Dandim 0829 lakukan Tanam Bareng

527 views

Bangkalan,Maduracorner.com – Untuk mendukung program Pemerintah Kedaulatan pangan, Dandim 0829 Bangkalan turun ke sawah dan melakukan tanam padi perdana di lahan milik TNI AD di Kampung Skep Kelurahan Bancaran kecamatan kota kabupaten Bangkalan. Dalam acara tanam padi perdana itu, Kodim 0829 mengundang seluruh SKPD serta Forpinda. “Sesuai dengan program pemerintah pusat, dalam 3 tahun kedepan ini Indonesia bukan lagi bisa menjadi negara yang swasembada pangan akan tetapi sudah bisa menjadi negara kedaulatan pangan,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0829 Bangkalan, Letkol Inf Lucky Avianto dalam acara Peresmian Tanam Perdana dilahan TNI AD, di kampung skep Kelurahan Bancaran kabupaten Bangkalan, Selasa (06/01/2015)

Dijelaskan dia, tanam perdana yang dilakukan ini merupakan kerja bareng pemerintah RI dengan seluruh elemen masyrakat untuk mewujudkan Kedaulatan pangan.”Pada saat memberikan pengarahan kepada Dandim dan Danrem seluruh Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu. Presiden RI Joko Widodo meminta agar membantu pemerintah pusat maupun daerah dalam mewujudkan swasembada pangan menjadi kedaulatan pangan. Maka dari itu kami jalankan kegiatan ini,” terang nya.

Untuk mewujudkan cita-cita pemerintah RI itu kata Lucky Avianto, Menteri Pertanian RI dan KASAD menanda tangani MoU, termasuk Kodim 0829 Bangkalan berencana akan mengoptimalikan pertanian dengan melakukan pendampingan dengan memanfaatkan Babinsa untuk bekerja sama dengan para kades dan serta para penyuluh pertanian.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, Muh.Makmun Ibnu Fuad dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup Bangkalan, Mondir Rofi’i mengatakan Pemkab.Bangkalan sangat mendukung program Kodam V Brawijaya Jatim dalam penanaman perdana padi di lahan 182.300 meter persegi yang difasilitasi Kodim 0829 Bangkalan. Itu sebabnya Pemkab. Bangkalan mengintruksikan kepada Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Bangkalan, bagaimana caranya program nasional ini bisa berjalan sesuai dengan harapan. “Dengan ini penanaman padi perdana kami buka dengan harapan semua komponen masyarakat Bangkalan bisa bekerjasama dengan Dispertanak. Agar swasembada pangan atau kedaulatan pangan bisa tercapai,” pungkas Mondir.

penulis : Aryan
Editor : Sohib

Email Autoresponder indonesia