Corona Mewabah, Sensus Penduduk Online Bangkalan Diperpanjang

1810 views

Bangkalan, maduracorner.com Pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO) di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur diperpanjang hingga 29 Mei 2020 mendatang. Pepanjangan jadwal tersebut dilakukan karena tengah mewabahnya virus corona di Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Widarto Adi Diswanto menjelaskan, sensus penduduk online sejatinya akan berakhir 31 Maret. Namun diperpanjang hingga 29 Mei 2020, karena adanya wabah virus corona di Indonesia, khusunya Kabupaten Bangkalan yang sudah masuk zona merah.

“Seharusnya akhir bulan Maret, namun akhirnya diperpanjang sampai tanggal yang sudah ditentukan,” ucapnya via WhatsApp. Pada Selasa (14/4/2020).

Menurutnya, perpanjangan jadwal sensus penduduk online pun akan berdampak pada jadwal sensus penduduk wawancara. Serta perekrutan tenaga penyensus dan pelatihannya pun juga akan ikut mundur.

“Tentu akan berimbas ke sana, otomatis sensus wawancara akan diundur sampai batas akhir yang ditentukan,” lanjutnya.

Sebagai rencana awal, lanjutnya, sensus penduduk wawancara akan dilaksanakan sekitar bulan September 2020 mendatang. Sementara untuk perekrutan tenaga penyensus, kemungkinan akan dibuka pada bulan Juni atau Agustus 2020 mendatang.

“Hanya untuk ini, kami masih menunggu arahan dari pusat terlebih dahulu,” katanya.

Sementara itu, untuk ketercapaian sensus penduduk online di Kabupaten Bangkalan, Widarto menambahkan hingga hari ini, pihaknya mencatat setidaknya mencapai 7,8 persen. Padahal, targetnya adalah 20 persen.

“Dengan adanya penundaan diharapkan menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan pengisian data dan bisa menambahkan persentase sensus sesuai target yang dicanangkan,”pungkasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia