CSR PHE WMO Dinilai terlalu Kecil

704 views
tampak Sekda Molejono saat hearing pembahasan CSR PHE WMO. foto : nizamuddin/mc.com

tampak Sekda Molejono saat hearing pembahasan CSR PHE WMO. foto : nizamuddin/mc.com

Kontribusi Terhadap Peningkatan SDM Belum Tersentuh | oleh : nizamuddin
Maduracorner.com, Bangkalan – Salah satu perusahaan migas yang beroperasi di perairan Sepulu Bangkalan Madura, Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), hingga saat ini dinilai belum memberikan kontribusi positif bagi peningkatan PAD Bangkalan sendiri. Corporate Social Responsibility (CSR) bagi masyarakat Bangkalan yang terdampak pengeboran belum juga nampak nyata.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkalan, Eddy Moeljono mengemukakan bahwa dana bagi hasil dari sektor  migas yang diterima Kabupaten Bangkalan hanya berkisar 4 milyar rupiah saja. Dari jumlah itupun tidak diketahui secara pasti rinciannya. Sebab, disinyalir tidak ada transparansi penerimaan bagi hasilnya.

Sementara bantuan CSR dari WMO beberapa waktu lalu kepada masyarakat maupun Pemda Bangkalan berupa bantuan mobil ambulance dan perbaikan sarana prasarana penunjang pembangunan, dinilai masih terlalu kecil dibandingkan dampak yang dihadapi masyarakat.

“Akan tetapi, untuk tahun ini CSR masih belum ada,” tutur Eddy.

Eddy berharap, CSR ini tidak hanya berupa bantuan fisik semata. Namun, bantuan berupa peningkatan pembangunan sumber daya manusia juga merupakan faktor fundamental yang harus juga diperhatikan. Mengingat adanya SDM yang berkualitas, menjadi kebutuhan mendasar bagi Kabupaten Bangkalan dalam menghadapi tantangan pembangunan dimasa yang akan datang.(nzm/krs)

Email Autoresponder indonesia