Cuaca Buruk, Nelayan Pamekasan Tak Melaut

801 views

image

Pamekasan, Maduracorner.com – Sejumlah nelayan di Desa Branta Pesisir Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur tak melaut akibat cuaca buruk yang melanda perairan selat Madura.

Mereka sudah tidak melaut sejak sepekan terakhir dan seperti biasa mereka mengisi waktu luang dengan memperbaiki jaring dan perahu mereka agar semuanya siap pakai saat cuaca kembali normal.

Menurut Sultan, salah satu nelayan kepada Maduracorner, nelayan yang tidak melaut yakni yang memiliki perahu kecil ukuran dibawah 5 gross tonnage (GT), sementara yang diatasnya masih bisa melaut.

“Ombaknya tinggi dan angin kencang di tengah laut, sehingga para nelayan takut,” ungkap Sultan, Selasa (26/1/2016).

Dikatakan Sultan, nelayan yang memiliki kapal berukuran besar atau diatas 5 GT tetap memaksa melaut. Namun hasil tangkapan yang mereka peroleh masih lebih kecil dibanding saat cuaca masih normal.

Sementara bagi nelayan yang tidak melaut, terpaksa harus menjual barang berharga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Atau bahkan mereka harus meminjam uang kepada rentenir atau tukang kredit jalan.

“Kami berharap semoga cuaca kembali normal. Dan kami bisa segera melaut agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga,” pungkasnya.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali.        Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia