Cuaca Buruk Pesisir Selatan Bangkalan, Nelaya Kwanyar Enggan

964 views

image

Nelayan parkirkan perahu

Bangkalan, maduracorner.com – Jelang pergantian iklim dari musim hujan ke musim kemarau, mengakibatkan cuaca buruk di pantai selatan Bangkalan. Para nelayan di sepanjang pesisir Kwanyar pun mulai enggan melaut. Mereka lebih memilih untuk memperbaiki perahunya atau menjahit jaringnya yang robek.

“Tiupan angin cukup kencang dan gelombang setinggi 3 meter menghantui kami. Tapi kami maklum karena ini menjelang peralihan musim,”ujar salah seorang nelayan, Hasan kepada maduracorner.com, minggu (24/5/2015) siang.

Hasan menuturkan, cuaca kurang bersahabat ini memang sudah biasa terjadi saat pergantian musim sampai 2 minggu kedepan. Tapi nelayan masih bisa melaut dalam waktu-waktu tertentu yakni sore hari pada zone jarak yang tidak jauh sekitar 3-4 jam saja. “Jadi selama bertiup angin kencang, nelayan harus pintar mensiasati dengan waktu jika ingin menangkap ikan,” tuturnya.

Camat Kwanyar, Anang Yulianto saat dihubungi lewat telepun selulernya membenarkan masalah cuaca buruk yang dihadapi para nelayan di wilayahnya tersebut. “Tapi kondisi ini tidak lebih dari 2 minggu saja. Nanti cuaca akan kembali normal,”ucap Anang. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia